Diupayakan pada akhir Oktober 2022 cakupan vaksinasi nakes minimal mencapai 70 persen
Ogan Komering Ulu, Sumsel (ANTARA) - Sebanyak 984 tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, sudah mendapat vaksinasi COVID-19 penguat atau booster kedua dari 3.000 sasaran.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan OKU, Andi Prapto di Baturaja, Sabtu, mengatakan bahwa saat ini pihaknya terus menggencarkan vaksinasi booster kedua yang menyasar pada 3.000 tenaga kesehatan di wilayah itu.

Selama pelaksanaanya yang dimulai sejak awal September 2022 hingga saat ini tercatat sebanyak 984 nakes yang sudah mendapat suntikan vaksin booster kedua dengan persentase mencapai 32,80 persen dari  sasaran.

Untuk mengejar target tersebut pihaknya mengoptimalkan pemberian vaksin dengan mengajak seluruh nakes yang bertugas di Kabupaten OKU agar segera datang ke tempat pelayanan vaksinasi terdekat.

"Pelayanan vaksinasi ini dibuka setiap hari kerja yang melayani suntikan vaksin dosis 1, 2 dan booster pertama, namun dengan prioritas pemberian vaksin untuk nakes karena mereka merupakan garda terdepan sehingga rentan tertular COVID-19," katanya.

Baca juga: 25.000 warga OKU Sumsel sudah divaksin COVID-19 dosis ketiga

Pemberian vaksin tersebut dilaksanakan di seluruh tempat pelayanan vaksinasi meliputi 18 puskesmas dan tiga rumah sakit di Kabupaten OKU dengan pemberian vaksinasi rata-rata 50-70 orang per hari.

Dalam memberikan pelayanan maksimal pihaknya mengerahkan ratusan tenaga vaksinator yang disebar di seluruh tempat pelayanan vaksinasi agar pemberian vaksin bagi nakes, termasuk masyarakat umum berjalan maksimal.

"Diupayakan pada akhir Oktober 2022 cakupan vaksinasi nakes minimal mencapai 70 persen. Untuk persediaan dosis vaksin jenis Pfizer dipastikan jumlahnya mencukupi, kalaupun nantinya kurang segera diajukan penambahan," tegasnya.

Berdasarkan data per 14 Oktober 2022 cakupan program vaksinasi di Kabupaten OKU secara keseluruhan untuk dosis pertama mencapai 88,0 persen, dosis kedua 68,2 persen, dan vaksin penguat atau booster tahap pertama 21,5 persen dari 269.955 target sasaran.

Baca juga: Dinkes: Vaksinasi lansia di Kabupaten OKU Sumsel capai 64,06 persen

Baca juga: Cakupan vaksinasi di Kabupaten OKU Sumsel lampaui target, 91,20 persen

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022