Bitcoin terus menguat, dekati level psikologis 50.000 dolar AS

Bitcoin terus menguat, dekati level psikologis 50.000 dolar AS

Foto dokumen: Kumpulan token bitcoin (mata uang virtual) ditampilkan dalam ilustrasi gambar yang diambil pada 8 Desember 2017. ANTARA/REUTERS/Benoit Tessier/Ilustrasi

Bitcoin telah bergerak di kisaran tertinggi dan terendah (range-bound) selama empat atau lima hari terakhir, menunjukkan momentum yang terhenti atau periode konsolidasi
Singapura (ANTARA) - Bitcoin mencapai rekor tertinggi baru sedikit di bawah 50.000 dolar AS pada perdagangan Selasa, memperpanjang kenaikan tajam yang sebagian besar dipicu oleh investor besar yang mulai menganggap serius aset-aset digital.

Mata uang kripto pertama dan paling terkenal, bitcoin mencapai 49.938 dolar AS dan telah melonjak sekitar 70 persen sepanjang tahun ini, sebagian besar setelah produsen mobil listrik Tesla mengatakan membeli 1,5 miliar dolar AS bitcoin dan akan menerima mata uang digital tersebut sebagai pembayaran.

Langkah Tesla adalah yang terbaru dalam serangkaian investasi besar yang telah mengubah bitcoin dari pinggiran keuangan ke neraca perusahaan dan meja transaksi Wall Street, ketika perusahaan-perusahaan dan pengelola uang tradisional AS mulai membeli banyak mata uang tersebut.

Mata uang kripto melonjak, yang hampir tidak berharga satu dekade lalu ketika pengembang perangkat lunak Laszlo Hanyecz membayar 10.000 bitcoin untuk dua pizza, hanya melampaui 20.000 dolar AS pada pertengahan Desember, tetapi sejauh ini telah hampir menembus 50.000 dolar AS.

“Bitcoin telah bergerak di kisaran tertinggi dan terendah (range-bound) selama empat atau lima hari terakhir, menunjukkan momentum yang terhenti atau periode konsolidasi,” kata Justin d'Anethan, manajer penjualan di perusahaan aset digital Diginex di Hong Kong.

“Kami percaya pada yang terakhir,” katanya, karena permintaan yang kuat baru-baru ini telah menarik pasokan bitcoin terbatas.

Bitcoin terakhir diperdagangkan hanya sedikit dari rekor barunya di 49.045 sementara saingannya mata uang kripto ethereum juga mendekati rekornya sendiri di 1.879 dolar AS yang dibuat minggu lalu.

Selain Tesla, bitcoin telah menarik aliran yang belum pernah terjadi sebelumnya dari investor besar dan kecil dalam beberapa bulan terakhir dan membukukan tonggak baru di jalan menuju penerimaan yang lebih besar sebagai mode pertukaran.

Mata uang kripto diciptakan oleh Satoshi Nakamoto yang misterius, yang identitas aslinya tidak diketahui dan didasarkan pada teknologi blockchain yang bertindak seperti buku besar transaksi publik. Bitcoin mulai beredar pada 2009, sebagian besar di antara spekulan - sesuatu yang mulai berubah.

Perusahaan perangkat lunak bisnis MicroStrategy melakukan pembelian bitcoin pertama beberapa juta dolar pada Agustus dan sejumlah manajer dana Wall Street, seperti miliarder Stanley Druckenmiller, sekarang terdengar positif tentang aset tersebut.

PayPal mengizinkan pelanggan untuk menggunakan bitcoin di pedagangnya dan Mastercard bersiap untuk melakukan hal yang sama, gerakan yang membawa peluang dan risiko.

“Semakin mata uang digital menjadi arus utama, semakin kita harus mengharapkan regulator untuk memperhatikan,” kata Mike O'Rourke, kepala strategi pasar di JonesTrading.

Baca juga: Dolar melemah karena optimisme pasar angkat mata uang berisiko
Baca juga: Bos Twitter gandeng Jay-Z danai pengembangan bitcoin
Baca juga: Saham Eropa turun, Bitcoin capai rekor tertinggi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Mendag: mata uang digital tidak diperbolehkan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar