Arus lalu lintas dua ruas jalan di Jakarta Barat dialihkan

Arus lalu lintas dua ruas jalan di Jakarta Barat dialihkan

Ada Genangan Air di Jl. Perjuangan arah Srengseng Jakbar dengan ketinggian 60-70 cm, untuk saat ini tidak bisa dilintasi kendaraan. ANTARA/Twitter @TMCPoldaMetro /pri.

Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat mengalihkan arus lalu lintas dua ruas jalan utama, yakni Jalan Pesanggrahan Puri, Kembangan dan Jalan Perjuangan, Kebon Jeruk, karena adanya banjir.

“Jalan Perjuangan dilalihkan melalui Jalan Lapangan Bola, kemudian Jalan Pesanggrahan melewati komplek perumahan Puri,” ujar Kasudin Perhubungan Jakarta Barat Erwansyah di Jakarta, Sabtu.

Hal tersebut sehubungan genangan yang timbul akibat hujan ekstrem dan rawan menimbulkan gangguan lalu lintas apabila dilewati kendaraan bermotor.

Misalnya di Jalan Perjuangan, terhitung dari jembatan penyeberangan orang (JPO) Perjuangan hingga gedung Handaya, ketinggian air tercatat antara 60-70 sentimeter.

Pengalihan arus lalu lintas tersebut berlangsung sementara waktu hingga banjir surut.

Pengalihan arus lalu lintas tidak hanya terjadi di Jakarta Barat saja. Sebelumnya, petugas Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melaporkan tidak kurang dari 40 ruas jalan di wilayah Jakarta terendam banjir akibat guyuran hujan lebat dan limpasan air sungai pada Sabtu pagi.

Baca juga: Jalan Jatinegara Barat tersendat akibat banjir
Baca juga: Banjir di Jakarta Barat dipengaruhi pasang rob
​​
Sejumlah anak bermain banjir di kawasan Rawa Buaya, Jakbar, Selasa (14/1). Banjir yang menggenangi sejumlah kawasan di Jakarta dijadikan kolam renang gratis bagi sejumlah anak. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo mengatakan ruas jalan yang terendam air di antaranya Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur dari arah Cawang menuju Kalimalang Bekasi.

"Genangan air yang cukup mengganggu pengendara berada di kawasan Cawang arah Bekasi," kata Sambodo saat meninjau sejumlah genangan air yang menghambat lalu lintas di kawasan Jakarta Timur, Sabtu.

Jalan DI Panjaitan, Cawang, terendam banjir setinggi 50 sentimeter tepatnya di sekitar kolong Tol Cawang. Petugas lalu lintas mengalihkan kendaraan menuju sejumlah jalan alternatif dengan mengarahkan pengendara berputar balik.

Sambodo mengatakan lokasi lainnya tersebar di beberapa lokasi, antara lain kawasan Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, yang saat ini lumpuh total dan memutus lalu lintas ke arah Kuningan dan Blok M serta sebaliknya. Selain itu banjir juga menyergap kawasan Hek dekat Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Untuk sepeda motor di lokasi sekitaran Hek kita alihkan dulu masuk ke dalam tol, lalu keluar lagi di jalan arteri," katanya.

Sambodo juga menyebut lalu lintas di sekitar Jalan Gatot Subroto Jakarta serta beberapa titik lainnya.

"Untuk jalan yang sudah tidak bisa dilintasi kita tutup serta kita carikan rute alternatif yang lain dibantu Polri, TNI dan Dishub," ujar Sambodo.
Baca juga: 65 dari 337 unit gardu PLN yang terdampak banjir telah dipulihkan
Baca juga: PLN Jakarta kawal pasokan listrik di wilayah terdampak banjir

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar