PUPR bangun jembatan bailey di titik amblas Bekasi

PUPR bangun jembatan bailey di titik amblas Bekasi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mulai mengerjakan perbaikan di titik jembatan amblas, Jalan Raya Rengas Bandung, Kampung Pacing, Kecamatan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. ANTARA/Pradita Kurniawan Syah

Dugaan kami telah terjadi patahan pada beton bertulang yang menjadi konstruksi utama jembatan
Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun jembatan darurat berbahan rangka baja pra-fabrikasi portabel atau jembatan bailey di titik jembatan amblas, Jalan Raya Rengas Bandung, Kampung Pacing, Kecamatan Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi.

"Jembatan darurat ini dibuat untuk penanganan sementara," kata Pejabat Pembuat Komitmen 1.5 Pelaksana Jalan Nasional Wilayah I Jawa Barat pada Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Andy Suryanto di Cikarang, Senin.

Andy menargetkan pemasangan jembatan bailey di akses utama Jalur Pantura itu rampung dalam tiga hari ke depan.

Menurut dia, perbaikan ini dikebut agar mobilitas pengguna jalan bisa segera normal kembali. Jalur amblas itu merupakan jalan nasional yang dilintasi kendaraan logistik serta transportasi warga.

Akses utama pantai Utara Jawa itu juga berlokasi dekat dengan perbatasan antara Kabupaten Bekasi dengan Kabupaten Karawang.

Jembatan tersebut, kata dia, sudah dibangun sejak 1970 namun akibat derasnya luapan Sungai Citarum bersamaan dengan antrean panjang kendaraan yang melintas, membuat konstruksi jembatan tidak kuat menahan beban sehingga terjadi amblas.

"Dugaan kami telah terjadi patahan pada beton bertulang yang menjadi konstruksi utama jembatan," katanya.

Selain membangun jembatan bailey, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan Satlantas Polres Metro Bekasi untuk pengalihan arus kendaraan bertonase besar.

"Saat ini ruas jalan ini hanya bisa dilalui kendaraan kecil maksimal mini bus jadi untuk sementara kendaraan besar kita alihkan dulu," katanya.

Dia berharap dengan difungsikannya jembatan bailey nanti, arus lalu lintas dapat segera dinormalkan dan seluruh jenis kendaraan dapat melintasi jalur tersebut kembali.

"Kami juga menyiapkan desain penanganan perbaikannya, mudah-mudahan dalam satu bulan ini bisa kita mulai perbaikan jembatan permanennya," katanya.

Baca juga: PLN perbaiki 12 tiang listrik roboh di Bekasi

Baca juga: Jasa Marga kembali perbaiki ruas Tol Jakarta-Cikampek



 

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pemasangan jembatan Bailey di bantaran sungai Pohara

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar