Karhutla di lahan gambut Trans Kalis Kapuas Hulu berhasil di padamkan

Karhutla di lahan gambut Trans Kalis Kapuas Hulu berhasil di padamkan

Petugas gabungan memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di lahan gambut kawasan Trans Kalis Kecamatan Kalis wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat yang terjadi, Kamis (25/2/2021). (Ist.)

Putussibau, Kapuas Hulu (ANTARA) -
Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di lahan gambut kawasan Trans Kecamatan Kalis wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat berhasil di padamkan oleh tim gabungan daerah setempat.
 
"Lahan yang terbakar sekitar tiga hingga empat hektare di lahan usaha masyarakat setempat, kejadian sekitar pukul 17.45 WIB dan berhasil di padamkan pukul 21.00 WIB Kamis (25/2/2021) semalam," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu Gunawan, di Putussibau ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, Jumat.
 
Disampaikan Gunawan, lokasi kebakaran lahan itu di dua titik yaitu di daerah RT 10 dan RT 11 Trans Kalis Kecamatan Kalis. Penyebab kebakaran pun belum di ketahui.
 
Menurut dia, Posko karhutla menerima laporan kebakaran sekitar pukul 18.20 WIB, kemudian tim gabungan langsung bergerak menuju lokasi dengan melibatkan TNI, Polri, BPBD Kapuas Hulu, Tagana Kapuas Hulu dan Tim Reaksi Cepat Pramuka Kapuas Hulu.

Baca juga: Tim gabungan padamkan api di ladang milik warga Kedamin Hulu

Baca juga: Polisi segel dua perusahaan sawit di Kapuas Hulu
 
"Api sudah di padamkan, tetapi kita tetap waspada karena memang ini musim panas," ucap Gunawan.
 
Gunawan mengajak semua pihak hingga lapisan masyarakat untuk sama-sama menjaga agar tidak terjadi Karhutla.
 
"Kami sudah mendirikan posko siaga Karhutla, kami minta masyarakat juga proaktif turut serta menjaga agar tidak terjadi lagi Karhutla," kata Gunawan.*

Baca juga: Tagana imbau masyarakat waspadai bahaya kabut asap

Baca juga: BPBD perkirakan asap di Kapuas Hulu kiriman dari wilayah lain

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar