Pemulangan kali ini merupakan yang ketiga kalinya setelah pemulangan tahap pertama ke Surabaya dengan menggunakan pesawat carter Citilink dan pemulangan ke Medan dengan menggunakan pesawat carter Malindo Air
Kuala Lumpur (ANTARA) - Sebanyak 182 orang pekerja migran Indonesia (PMI) nonprosedural pulang ke Surabaya, Jawa Tmur, dengan menggunakan pesawat terbang carter Malindo OD355 dari Kuala Lumpur International Airport (KLIA), Sabtu, pukul 14.00 waktu setempat.

"Di antara jumlah penumpang tersebut terdapat empat bayi. Mereka berasal dari sejumlah daerah di Jawa Timur," ujar salah satu Tim Khusus Pemulangan Program Rekalibrasi Aliansi Ormas Indonesia (AOMI) Malaysia, Umar Faruk di Kuala Lumpur, Sabtu.

Para pekerja tersebut merupakan peserta Program Rekalibrasi Pulang Departemen Imigrasi Malaysia (JIM) yang proses pemulangannya diurus AOMI dengan difasilitasi oleh KBRI Kuala Lumpur.

Baca juga: Puluhan PMI di Malaysia tes usap PCR sebelum pulang ke Medan
Baca juga: Pemerintah Malaysia deportasi 160 Pekerja Migran Indonesia


Para pekerja datang ke KLIA didampingi oleh masing-masing ormas anggota AOMI yang mengurus pemulangan mereka dari awal mulai dari mengurus Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) di KBRI Kuala Lumpur hingga mengurus "check out memo" di Departemen Imigrasi Malaysia.

Ormas tersebut di antaranya dari IKMA, APMI, KNPI, KAHMI, IMABA, Kosgoro 57, IKIM, HIMAKA, IWJ, PBM, IMABA, PERSABA, Muslim KL, SBMI dan PERSABA.

"Pemulangan kali ini merupakan yang ketiga kalinya setelah pemulangan tahap pertama ke Surabaya dengan menggunakan pesawat carter Citilink dan pemulangan ke Medan dengan menggunakan pesawat carter Malindo Air," katanya.

Umar Faruk mengatakan proses pemulangan kali ini relatif lancar dan ada satu yang batal karena hasil tes-nya positif COVID-19.

"Ada yang terlambat 'check in' karena tidak membaca 'update' informasi bahkan penerbangan yang dijadwalkan pukul 16.00 sore dimajukan menjadi pukul 14.00 siang tetapi Alhamdulillah semua bisa dikondisikan," katanya.

Dia mengatakan pemulangan tahap berikutnya ke Surabaya akan dilaksanakan pada (6/3) dengan menggunakan pesawat carter.

Sementara itu salah seorang pengurus AOMI yang juga Sekrestaris Majelis Perwakilan KAHMI Malaysia, Yuri Buchari mengatakan dari organisasinya ada 11 orang pekerja yang mengikuti pemulangan ke Surabaya.

Ikut menyertai pemulangan para pekerja tersebut Duta Besar RI di Kuala Lumpur, Hermono, Wakil Dubes RI di Kuala Lumpur, Agung Cahaya Sumirat dan Koordinator Fungsi Konsuler, Rijal Al Huda.

Baca juga: KJRI Johor Bahru buka layanan di ladang sawit
Baca juga: Tiba dari Malaysia-Singapura, ratusan PMI dikarantina di RSKI Kepri

 

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021