Aceh kirim lima atlet hapkido ke kejuaraan Asia

Aceh kirim lima atlet hapkido ke kejuaraan Asia

Atlet cabang olahraga hapkido berlatih di Lapangan Blangpadang, Banda Aceh. ANTARA/HO-Hapkido Provinsi Aceh/am.

Banda Aceh (ANTARA) - Hapkido Provinsi Aceh mengirimkan lima atlet untuk tampil di kejuaraan internasional Asia Pasifik bertajuk "1st Online South East Asia Hapkido Championship" yang akan berlangsung pada 7 dan 8 Maret 2021.

Ketua Hapkido Provinsi Aceh Amal Hasan mengatakan pengiriman atlet tersebut merupakan wujud partisipasi Hapkido Aceh dalam mengikuti kejuaraan, baik tingkat nasional maupun internasional.

"Hapkido Aceh sudah mempersiapkan lima atlet untuk kejuaraan internasional tingkat Asia tersebut. Kami berharap mereka mampu meraih prestasi terbaik," kata Amal Hasan di Banda Aceh, Senin. 

Hapkido merupakan olahraga bela diri dari Korea. Hapkido bergerak berdasarkan prinsip lingkaran yang memanfaatkan kekuatan lawan. Teknik-teknik hapkido, antara lain pukulan, tendangan, kuncian, bantingan, jurus serta senjata. 

Adapun lima atlet hapkido Aceh yang akan mengikuti kejuaraan internasional itu, yakni Sherla Sepsa Rosiva, Rahmi, Elang, TM Rizki dan Jamaluddin. Kelima atlet tersebut dilatih oleh penyandang sabuk hitam dan dua Federasi Hapkido Dunia (WHMAF) Firman. 

Baca juga: Hapkido Aceh bidik prestasi PON Papua 2021 

Amal Hasan mengatakan kejuaraan tersebut akan digelar secara virtual karena pandemi COVID-19 yang masih merebak. Atlet-atlet hapkido Aceh akan mengikutinya dari daerah masing-masing. 

"Kami optimistis mereka tampil optimal dan memberikan prestasi terbaik untuk Indonesia, dan Provinsi Aceh pada khususnya. Mereka bertanding menghadapi atlet-atlet hapkido dari sejumlah negara di Asia Tenggara, seperti Singapura, Vietnam dan Thailand," kata Amal.

Selain negara-negara Asia Tenggara, seperti Malaysia dan Brunei Darussalam, ia menuturkan kejuaraan itu juga diikuti sejumlah atlet dari Korea Selatan dan Amerika Serikat. Berdasarkan informasi dari pengurus pusat Hapkido Indonesia, para atlet sudah terdaftar di lebih dari 134 kelas atau nomor. 

"Kendati pandemi COVID-19 masih berlangsung, atlet hapkido Aceh terus berlatih secara rutin. Latihan dilakukan secara daring atau online, sehingga tidak gagap teknologi saat mengikuti kejuaraan secara virtual," kata Amal Hasan. 

Baca juga: KONI dukung pengembangan hapkido di Indonesia 
Baca juga: 285 atlet siap bertanding di Kejurnas IV Hapkido 

 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sulok, ibadah spesial Ramadhan untuk penyucian diri

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar