Jakarta (ANTARA) - Bakat dan kerja keras dipercaya banyak orang sebagai dua modal utama meraih kesuksesan.

Manakah dari kedua hal tersebut yang lebih diperlukan bagi generasi muda, khususnya dalam menghadapi ketatnya persaingan global di masa mendatang?

Program Associate Bakti Pendidikan Djarum Foundation Galuh Paskamagma memaparkan bahwa memiliki gritty leadership lebih penting ketimbang bakat dan kerja keras.

Gritty Leadership merupakan pola pikir yang membentuk seseorang menjadi individu pantang menyerah, berani dan konsisten mewujudkan target yang dicita-citakan. Orang yang memiliki gritty leadership akan mengerahkan bakat dan bekerja keras hingga tujuannya tercapai. Dengan demikian, kerja keras dan konsistensi berperan penting dalam metode ini.

"Seseorang yang memiliki grit dalam hidup akan terus berusaha mencapai goals-nya meski banyak hambatan dan kesulitan," kata Galuh dalam "Leadership Development Djarum Beasiswa Plus" di hadapan 522 Beswan Djarum angkatan 2020/2021.

Baca juga: Mahasiswi ITS menang lomba karya tulis Djarum Beasiswa Plus

Dalam kegiatan tersebut, Galuh memaparkan tentang pentingnya gritty leadership kepada ratusan mahasiswa dari 93 perguruan tinggi di Indonesia tersebut.

Untuk menumbuhkan grit di dalam diri, Galuh melanjutkan, generasi muda perlu menerapkan pola pikir yang berkembang (growth mindset) dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya dengan terbiasa menghadapi tantangan dan tidak selalu berada di zona nyaman, pantang putus asa, terbuka terhadap kritik dan cepat bangkit ketika menghadapi keterpurukan.

"Dengan ketatnya persaingan di masa mendatang, grit akan menjadi future skill yang harus dimiliki generasi muda. Grit juga sudah menjadi salah satu indikator kesuksesan bagi para pelaku industri, karena orang yang memiliki grit lebih bisa membaca peluang dan lebih cepat berkembang dibandingkan orang lain," kata Galuh.

"Leadership Development Djarum Beasiswa Plus" bertujuan membentuk generasi muda sebagai calon pemimpin masa depan Indonesia yang memiliki kecakapan emosional, intelegensia serta jiwa visioner sehingga kelak mampu melakukan perubahan bagi masyarakat ke arah yang lebih baik.

Selama pelatihan, karakter para Beswan Djarum diasah agar melahirkan dan mewujudkan visi-visi yang berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara di masa mendatang. Tahun ini "Leadership Development" diselenggarakan secara virtual sepanjang Maret 2021.

Pelatihan "Leadership Development" merupakan satu dari beberapa pelatihan soft skills yang diberikan kepada Beswan Djarum.

Sejalan dengan pembekalan soft skills bagi Beswan Djarum, Bakti Pendidikan Djarum Foundation juga akan membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk bergabung sebagai Beswan Djarum angkatan 2020/2021 mulai Maret 2021 mendatang.

Baca juga: 18 atlet muda raih Beasiswa Bulutangkis 2019

Baca juga: Kalbis Institute gelontorkan beasiswa bagi anggota Inti

Baca juga: Mendikbud sebut penyaluran PIP pada 2020 lebih cepat dan lancar


Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021