Erick Thohir ungkap target dan harapan holding ultra mikro

Erick Thohir ungkap target dan harapan holding ultra mikro

Dokumentasi - Konferensi Pers Menteri BUMN dengan Dirut Garuda Perihal Garuda Indonesia, (11/2/2021). ANTARA/HO-Kemen BUMN/pri.

...untuk pelaku usaha di bawah atau akar rumput pinjamannya jauh lebih mahal dibandingkan kredit yang diperoleh pengusaha besar. Ini tidak fair!
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir berharap pembentukan holding ultra mikro yang mensinergikan BRI, Pegadaian, dan PNM, dapat tuntas pada kuartal III tahun ini.

"InsyaAllah pada kuartal III tahun ini tuntas sinergi BRI, Pegadaian, dan PNM. Supaya apa? Supaya salah satunya memastikan dengan data yang konkrit dan riil, pengusaha bisa naik kelas," ujar Erick Thohir dalam Rakernas HIPMI di Jakarta, Jumat.

Erick Thohir melihat secara plafon sekarang yang namanya sistem perbankan di Indonesia kurang ramah, apalagi kepada mereka yang tidak memiliki track record.

Menteri BUMN berharap dengan hadirnya holding ultra mikro tersebut nasabah PNM yang mendapatkan pinjaman Rp1 juta sampai Rp3 juta tanpa agunan, dengan adanya sinergi holding ultra mikro maka si nasabah  bisa naik kelas menjadi pengusaha yang bisa mendapatkan pinjaman Rp20 juta hingga Rp30 juta.

Baca juga: Erick Thohir sebut sinergi BRI-PNM-Pegadaian untuk dukung UMKM

Namun, kata dia, data-datanya terlihat seperti pengusaha itu berdagang apa, di mana dia berdagang, dan kemudian apa kesulitan yang dihadapinya.

"Bahkan saya minta PNM untuk bekerja sama dengan pemerintah-pemerintah daerah, dan ini sudah mulai dijalankan," kata Erick Thohir.

Nasabah PNM itu, lanjut dia, kemudian diharapkan nantinya bisa naik kelas di Pegadaian dan diharapkan pelaku usaha mikro itu akhirnya bisa naik kelas menjadi pengusaha yang bisa mendapatkan akses kredit ke bank atau menjadi bankable.

Baca juga: Anggota DPR: Holding ultra mikro akan dorong pengembangan UMKM

"Selain itu kita harus menurunkan cost of fund. Pada Jumat (5/3) Himbara telah mengumumkan untuk menurunkan suku bunga tetapi ini buat kita (pengusaha besar), Sedangkan untuk pelaku usaha di bawah atau akar rumput pinjamannya jauh lebih mahal dibandingkan kredit yang diperoleh pengusaha besar. Ini tidak fair!" ujar Erick Thohir.

Itulah kenapa, kata dia, dengan sinergitas holding ultra mikro, Kementerian BUMN memiliki target-target paling tidak di nasabah-nasabah peminjam yang terkecil bisa mendapatkan cost of fund atau bunganya turun kalau bisa 5-6 persen.

"Maka dari itu sinergitas holding ultra mikro ini sangat penting," kata Menteri BUMN Erick Thohir.

Baca juga: Anggota DPR nilai "holding" ultramikro dorong pengembangan UMKM

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Sentra vaksinasi BUMN di Jabar targetkan 5.000 penerima vaksin per hari

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar