Jakarta (ANTARA) - RB Leipzig merebut posisi puncak klasemen sementara Liga Jerman selepas menghantam Freiburg 3-0 dalam laga pekan ke-24 di Stadion Schwarzwald, Sabtu.

Gol-gol Christopher Nkunku, Alexander Sorloth dan Emil Forsberg membuat tim besutan Julian Nagelsmann kini mengoleksi 53 poin untuk menggusur juara bertahan Bayern Muenchen (52) dari posisi puncak.

Kendati demikian, posisi Leipzig belum aman sebab Bayern akan menjamu Borussia Dortmund dalam Der Klassiker yang sepak mulanya berlangsung lebih larut, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Baca juga: Jadwal Liga Jerman: Akankah Der Klassiker ganggu peluang juara Bayern?

Pun tampil dominan sejak awal, Leipzig harus menunggu hingga empat menit jelang turun minum untuk membuka keunggulan mereka ketika umpan Yussuf Poulsen bisa diselesaikan sempurna oleh Nkunku dari tengah kotak penalti.

Freiburg baru tampil agresif di awal babak kedua sayang sundulan Ermedin Demirovic melenceng, sedangkan sepakan Jonathan Schmid dan Vicenzo Grifo belum mampu melewati barisan pertahanan Leipzig.

Tim tamu justru mampu menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-64 saat Nkunku berganti peran menjadi pengirim umpan yang dikonversi Sorloth dengan sepakan kaki kiri demi menaklukkan kiper Florian Mueller.

Pada menit ke-79, giliran Forsberg yang memperbesar keunggulan Leipzig menjadi 3-0 lewat tendangan jarak jauhnya yang bersarang ke pojok kanan bawah gawang.

Freiburg sempat berusaha membalas lewat spekulasi Roland Sallai yang mudah diamankan kiper Peter Gulacsi, sebaliknya upaya Leipzig menambah marjin melalui Amadou Haidara juga gagal.

Di pertandingan selanjutnya Freiburg akan tampil pada Sabtu (13/3) pekan depan di markas FSV Mainz, sehari sebelum Leipzig menjamu Frankfurt.

Namun, pada Rabu (10/3), Leipzig akan terlebih dulu melakoni leg kedua babak 16 besar Liga Champions dalam posisi tandang kontra Liverpool, dalam pertandingan yang rencananya diungsikan ke Budapest, Hongaria.

Baca juga: Schalke tunjuk Grammozis sebagai pelatih kelimanya musim ini
Baca juga: Mina Raiola klaim cuma ada sepuluh klub yang mampu boyong Haaland

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021