Jakarta (ANTARA) - Juara dunia sembilan kali Valentino Rossi menjalani debutnya sebagai tim Petronas Yamaha SRT dengan seragam barunya ketika melibas hari pertama sesi tes pramusim di Sirkuit Losail, Qatar, Sabtu.

Trek berdebu dan angin kencang menyambut Rossi dan rekan satu timnya Franco Morbidelli hari itu.

Rossi dan Morbidelli konsisten tampil dalam peringkat sepuluh besar pada paruh pertama tes selama tujuh jam tersebut.

Setelah menyelesaikan 54 putaran dan menguji sasis baru, Rossi mengakhiri tes hari itu dengan waktu terbaik 1:55,584 detik di P14, atau 0,897 detik lebih lambat dari Aleix Espargaro dari tim Aprilia yang memuncaki catatan waktu hari pertama.

"Sedikit aneh pada awalnya karena jeda musim dingin lebih panjang dari biasanya, jadi saat start motor MotoGP selalu terasa sangat impresif dan sangat cepat setelah tiga bulan tidak mengendarainya," kata Rossi dalam laman resmi tim.

"Ini adalah awal dari petualangan baru hari ini dan saya sangat senang dengan hari pertama saya dengan Petronas Yamaha SRT.

"Ini hari yang baik, kecepatan saya cukup baik sepanjang hari dan saya sangat menikmatinya.

Baca juga: Espargaro bawa Aprilia tampil tercepat di hari pertama tes Qatar

"Pada pengujung hari hasil saya tidak fantastis tapi kami bekerja dengan baik dan atmosfer dalam tim sangat baik.

"Hari ini kami pada dasarnya bekerja dengan motor standar dan kami belum mencoba banyak hal, hanya beberapa lap dengan sasis barus, yang ingin tetap kami uji dalam beberapa hari ke depan.

Sementara itu Morbidelli yang menggunakan motor spek-A Yamaha, tampil sebagai pebalap Yamaha tercepat ketika finis P7 dengan catatan 1:55,175.

"Tentunya masih ada hal yang bisa dikembangkan, tapi kami tidak terlalu jauh dari para pebalap teratas jadi saya senang dengan itu," kata Morbidelli.

"Saya juga senang karena motor ini sama tapi berbeda, ini terasa sama dengan tahun lalu tapi kami lebih cepat di lintasan lurus.

"Besok kami akan mencoba sejumlah pemutakhiran elektronik untuk diuji... hari pertama yang sangat bagus."

Sirkuit Losail akan kembali menjadi arena tes pada Minggu dan sesi kedua yang berlangsung pada 10-12 Maret sebelum menjadi tuan rumah balapan pembuka musim 28 Maret nanti.

Baca juga: Mir merasa dirinya bukan favorit juara di MotoGP 2021Baca juga: Mir merasa dirinya bukan favorit juara di MotoGP 2021

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021