Wapres berpesan moderasi harus jadi pedoman berbangsa dan bernegara

Wapres berpesan moderasi harus jadi pedoman berbangsa dan bernegara

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengikuti peringatan Isra Mikraj Nasional Tahun 2021 di Istana Negara secara daring dari rumah dinas wapres, di Jakarta, Rabu (10/3/2021). (ANTARA/HO/Asdep KIP Setwapres)

Sikap moderat ini sangat relevan dan harus dijadikan pedoman
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin berpesan dalam Peringatan Isra Mikraj Tahun 2021 agar masyarakat memedomani sikap moderat dalam hidup berbangsa dan bernegara, sehingga warisan persatuan dan kesatuan dari para pendiri bangsa dapat terpelihara dengan baik.

"Dalam konteks kita berbangsa dan bernegara, sikap moderat ini sangat relevan dan harus dijadikan pedoman, karena bangsa kita adalah bangsa yang majemuk," kata Wapres Ma’ruf Amin secara daring dalam Peringatan Isra Mikraj Nasional Tahun 2021, di Istana Negara Jakarta, Rabu malam.

Atas dasar kemajemukan tersebut, lanjut Wapres, para pendiri bangsa telah mencapai kesepakatan untuk mendirikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Sikap moderat tersebut juga selalu diucapkan dalam setiap ibadah salat, yakni dengan berucap ihdinas shirathal mustaqiim yang oleh sebagian ulama ditafsirkan sebagai asshirathal wasathiy, ujar Ma’ruf Amin.

"Sikap moderat itu selalu kita mintakan kepada Allah SWT setiap hari 17 kali dalam 17 rakaat salat kita dengan mengucapkan ihdinas shirathal mustaqiim, artinya jalan yang moderat," kata Wapres pula.

Karena itu, menurut perspektif Islam, Indonesia bisa disebut sebagai negara yang dibangun atas dasar kesepakatan atau daarul mitsaaq, untuk hidup berdampingan di tengah perbedaan.

"Maka sangat tepat sekali apa yang dibuat oleh para ulama untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, dengan cara mengembangkan prinsip ukhuwah wathaniyah di samping juga ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah insaniyah," katanya lagi.

Dalam acara Isra Mikraj Nasional tersebut, Wapres juga berpesan kepada seluruh umat Islam untuk ikut menyukseskan program nasional vaksinasi COVID-19, sehingga segera terbentuk kekebalan komunitas dalam mengatasi pandemi COVID-19.

"Mari kita tetap melakukan ikhtiar bersama untuk menghilangkan pandemi ini melalui vaksinasi COVID-1, untuk membentuk kekebalan komunitas, herd immunity," ujarnya pula.
Baca juga: MPR apresiasi Liga Muslim Dunia dukung sikap beragama moderat

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wapres ajak beli produk dalam negeri

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar