Tim rugbi Aceh jajaki uji tanding ke Malaysia

Tim rugbi Aceh jajaki uji tanding ke Malaysia

Atlet rugbi Aceh berlatih di Pantai Syiah Kuala, Banda Aceh. Antara Aceh/HO/Dok Pengprov PRUI Aceh

Sedikitnya ada 15 klub di Malaysia siap uji tanding dengan tim rugbi Aceh
Banda Aceh (ANTARA) - Tim rugbi Aceh yang dipersiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 di Provinsi Papua menjajaki uji tanding dengan klub-klub di Malaysia.

Ketua Umum Pengurus Provinsi Rugbi Union Indonesia (Pengprov PRUI) Aceh Andry Agung di Banda Aceh, Senin, mengaku sudah berkomunikasi dengan pengurus rugbi di Malaysia terkait uji tanding tersebut.

"Dari hasil komunikasi kami, mereka siap uji tanding dengan sejumlah klub rugbi. Namun, kami lihat dulu karena kondisi pandemi COVID-19. Mudah-mudahan pandemi COVID-19 segera berakhir dan uji tanding bisa terlaksana," kata Andry Agung.

Baca juga: Aceh kirim lima atlet hapkido ke kejuaraan Asia

Andry Agung menyebutkan alasan uji tanding tim rugbi PON ke Malaysia karena di negara tetangga tersebut banyak klub rugbi. Selain itu, jarak Malaysia dengan Aceh juga dekat.

"Sedikitnya ada 15 klub di Malaysia siap uji tanding dengan tim rugbi Aceh. Uji tanding ini untuk melihat sejauh mana hasil pemusatan latihan daerah yang sudah berlangsung sejak 2020," kata Andry Agung.

Andry Agung mengatakan Pengprov PRUI Aceh menyiapkan dua tim, putra dan putri untuk PON 2021 di Provinsi Papua. Masing-masing tim terdiri 12 atlet.

Baca juga: Perpani Aceh batal datangkan pelatih asal Iran

Saat ini, kata Andry Agung, pemusatan latihan memasuki tahap pematangan termasuk meningkatkan fisik pemain. Apalagi KONI Aceh sudah mendatangkan pelatih fisik untuk seluruh cabang olahraga, termasuk rugbi.

"Kami berterima kasih kepada KONI Aceh yang mendukung perkembangan olahraga rugbi di Aceh. Dan kami bertekad tim rugbi Aceh masuk final di PON Papua nanti," kata Andry Agung.

Rugbi merupakan olahraga dengan bola berbentuk lonjong yang banyak persamaannya dengan sepak bola. Namun, rugbi selain menggunakan kaki juga boleh menggunakan tangan.

Baca juga: Dapat wildcard, Aceh kirim tiga atlet ke PON Papua

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Dampak ekonomi PON & Peparnas capai Rp1,6 triliun

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar