Jumlah vaksin ini akan terus ditingkatkan, baik vaksin gratis maupun vaksin gotong royong
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan Pemerintah terus berupaya meningkatkan kapasitas vaksin COVID-19 bagi masyarakat guna terciptanya kekebalan komunitas atau herd immunity dalam mengakhiri pandemik.

Hal itu disampaikan Wapres Ma’ruf Amin saat menerima kunjungan Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro di kediaman resmi wapres Jakarta, Senin (8/3).

"Jumlah vaksin ini akan terus ditingkatkan, baik vaksin gratis maupun vaksin gotong royong," kata Ma’ruf Amin dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Turut serta dalam rombongan Rektor UI, Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UI, Saleh Husin, S.E., M.Si;  Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI, Prof. Dr. rer.  nat.  Abdul Haris;  dan Dekan Fakultas Kedokteran UI (FKUI), Prof. Dr. dr.  Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB

Hingga saat ini, Indonesia menyediakan dua varian vaksin COVID-19 buatan Sinovac dan AstraZeneca. Pemerintah juga telah memesan jumlah vaksin COVID-19 tersebut untuk memenuhi kebutuhan 70 persen dari total penduduk Indonesia atau sekitar 182 juta orang.

Baca juga: Wapres: Vaksinasi aman dilakukan saat puasa

Baca juga: Ma'ruf Amin divaksin COVID-19 dosis kedua


Dalam kesempatan tersebut, Ari Kuncoro menyatakan kesiapan UI mendukung Pemerintah dalam mengatasi pandemik COVID-19 melalui beragam riset.

Inovasi dan riset yang dilakukan UI terkait penanganan pandemik COVID-19 antara lain dengan membuat ventilator dan flocked swab untuk berbagai fasilitas kesehatan di daerah.

"Universitas Indonesia telah terlibat dalam uji klinis serta menghasilkan berbagai inovasi untuk mengatasi pandemik. Sampai sejauh ini, UI telah membuat ventilator dan flocked swab yang sudah digunakan di berbagai rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya," tutur Ari.

Dekan Fakultas Kedokteran (FK) UI Ari Fahrial Syam, yang turut hadir dalam pertemuan tersebut, mengatakan pihaknya juga terlibat dalam pembuatan Vaksin Merah Putih yang dikoordinasi Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN).

FKUI juga memberikan pelatihan kepada 1.600 vaksinator yang siap membantu Pemerintah dalam menyukseskan vaksinasi COVID-19 secara nasional.

Sementara itu Ketua MWA UI Saleh Husin mengapresiasi dukungan Universitas Indonesia bagi pemerintah dan masyarakat melalui berbagai macam riset di tengah pandemi Covid-19. 

"Selaku Ketua MWA UI tentu saya mengapresiasi dan memberikan dukungan atas berbagai riset yang dilakukan oleh teman-teman, baik di Fakultas Kedokteran , Fakultas Teknik, Fakultas Kesehatan Masyarakat dan lain-lain sehingga menghasilkan berbagai inovasi yang bermanfaat untuk membantu pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19," ujar Saleh Husin. 

Baca juga: Wapres harap UNS jadi mitra pemerintah tangani pandemi COVID-19

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021