Liga Belanda

AZ kantungi tiga poin penting selepas atasi PSV

AZ kantungi tiga poin penting selepas atasi PSV

Ilustrasi - Pertandingan pekan ke-27 Liga Belanda antara AZ Alkmaar melawan PSV Eindhoven yang berlangsung Minggu (21/3/2021). ANTARA/Gilang Galiartha.

Jakarta (ANTARA) - AZ Alkmaar mengantungi tiga poin penting selepas mengatasi PSV Eindhoven dengan skor 2-0 dalam laga pekan ke-27 Liga Belanda di Stadion AFAS, Minggu.

Kemenangan yang dihasilkan gol-gol Jesper Karlsson dan Teun Koopmeiners itu membuat AZ kini menyamai raihan angka PSV, yakni 55 poin, tetapi tertahan di posisi ketiga hanya karena kalah selisih gol, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

AZ juga kini berjarak hanya delapan poin dari Ajax yang berada di puncak, tetapi tim juara bertahan musim 2018/19 itu baru main dalam laga lebih larut dan punya satu pertandingan simpanan lagi.

AZ tampil percaya diri dan mampu membuka keunggulan atas tamunya hanya empat menit setelah sepak mula ketika umpan silang Owen Wijndal berhasil diselesaikan oleh Karlsson dengan tembakan yang menaklukkan kiper Yvon Mvogo di area tiang dekat.

Baca juga: Tiga gol bunuh diri mewarnai kemenangan AZ atas Twente

PSV berusaha membalas, tetapi dua percobaan tembakan Mario Goetze masih belum menemui sasaran.

Permainan terbuka berlangsung hingga akhir babak pertama di mana AZ tetap mampu menjaga keunggulan mereka hingga turun minum.

Pada menit ke-68, AZ menggandakan keunggulan saat Koopmeiners menyambut umpan Karlsson dengan tembakan jarak jauh yang melesak ke pojok kanan bawah gawang.

Kerja keras PSV untuk membalas tak kunjung membuahkan hasil termasuk peluang bagus Mohamed Ihattaren pada menit pertama injury time yang bisa diamankan kiper Marco Bizot.

Baca juga: Sparta curi tiga poin dari markas VVV Venlo

Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di GelreDome, Vitesse Arnhem ditahan imbang tanpa gol oleh tim papan bawah Willem II.

Vitesse tak beranjak dari peringkat keempat dengan koleksi 52 poin sedangkan Willem (22) meninggalkan zona berbahaya untuk naik ke urutan ke-15.

Sedangkan laga lain yang dimainkan sedikit lebih awal di MAC3PARK, PEC Zwolle kembali ke jalur kemenangan dengan menundukkan VVV Venlo 2-1.

Penalti Thomas Lam memastikan kemenangan PEC setelah gol pembuka keunggulan yang dicetak Slobodan Tedic sempat disamakan oleh Roy Gelmi untuk VVV.

PEC yang berada di urutan ke-13, memperlebar jarak aman dari zona degradasi menjadi tujuh poin dengan koleksi 29 poin, sedangkan VVV yang menelan delapan kekalahan beruntun terperosok ke posisi ke-16 dengan 22 poin.

Baca juga: Hasil dan klasemen Liga Belanda: Ajax jaga jarak enam poin atas PSV

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pemerintah RI akan membahas kerja sama pariwisata dengan Pemerintah Belanda

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar