Hampir rampung, revitalisasi TIM tahap satu capai 75 persen

Hampir rampung, revitalisasi TIM tahap satu capai 75 persen

Perkembangan revitalisasi TIM tahap satu, konstruksi Gedung Panjang memasuki pengerjaan minggu ke-88. (ANTARA/Livia Kristianti)

Jakarta (ANTARA) - Revitalisasi pusat kesenian Taman Ismail Marzuki (TIM) tahap satu yang dikelola oleh salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta yaitu PT Jakarta Propertindo (Jakpro) saat ini hampir rampung dengan total persentase pengerjaan mencapai 75 persen secara keseluruhan.

Project Director untuk revitalisasi TIM Luky Ismayanti mengatakan pengerjaan sebanyak 75 persen itu dikerjakan selama 87 minggu.

“Tahap satu itu minggu lalu memasuki minggu ke-87, nah itu sudah sekitar 75 persen untuk keseluruhan yang dikerjakan,” kata Luky saat ditemui di Taman Ismail Marzuki, Selasa.

Pada kuartal pertama 2021, pembangunan untuk revitalisasi TIM tahap satu memasuki puncak pengerjaan.

Memasuki minggu ke-88, terlihat konstruksi Gedung Panjang memasuki tahap pengerjaan dengan persentase 64 persen dan semakin dikebut.

Saat ini tim kontraktor sudah mulai memasuki pembangunan lantai 13, sementara untuk lantai di bawahnya masih dalam tahap penyempurnaan.
Pengawasan konstruksi lantai 8 di Gedung Panjang yang termasuk dalam revitalisasi TIM tahap satu. (ANTARA/Livia Kristianti)

Dalam rancangan awal Gedung Panjang merupakan bangunan yang paling banyak memiliki fasilitas penunjang seperti perpustakaan, Pusat Dokumentasi HB Jassin, Wisma Seni hingga fasilitas untuk komite seni seperti Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) dan terdiri dari 14 lantai.

Ada dua fasilitas revitalisasi tahap satu yang sudah selesai dikerjakan, yaitu Masjid Amir Hamzah dan Gedung Parkir yang disertai taman pada bagian atap.

Saat ini, Masjid Amir Hamzah sudah beroperasi untuk digunakan beribadah dan dikelola oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Amir Hamzah selama sembilan bulan sejak diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 3 Juli 2020.

Sementara itu untuk Gedung Parkir meski sudah selesai pengerjaan namun belum dibuka untuk umum.

“Karena masih ada pembatasan tentu kami mengantisipasi untuk tidak membuat kerumunan. Jadi meski sudah selesai pembangunannya dan pagar konstruksi sudah dibuka tapi kami belum mengoperasikan Gedung Parkir ini,” ujar Luky.
Seorang warga melintas di depan pembangunan proyek revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta, Senin (22/3/2021). (ANTARAFOTO/M Risyal Hidayat)


Meski demikian, beberapa warga menjadikan Gedung Parkir TIM pada bagian atas sebagai spot foto dengan pemandangan yang menarik.

Bahkan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melalui akun instagram "@aniesbaswedan" sempat mengajak ibunya berjalan-jalan di kawasan Cikini dan berfoto di spot Gedung Parkir TIM pada Minggu (20/3).

Tahap satu revitalisasi TIM direncanakan akan selesai pada Juli 2021.

Baca juga: Revitalisasi TIM fase dua masuki tahap tender
Baca juga: Gedung Parkir TIM diresmikan Januari 2021
Baca juga: Revitalisasi TIM fase I capai 48,86 persen hingga Desember 2020

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Proyek revitalisasi TIM tahap dua masuki pekan kesepuluh

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar