Washington (ANTARA News) - Sekutu Presiden AS Barack Obama di Kongres AS, Ketua Parlemen dari Partai Demokrat Nancy Pelosi, Selasa, menyerukan penyelidikan "transparan dan dapat dipercaya" mengenai serangan maut Israel terhadap armada bantuan ke Jalur Gaza.

"Saya menyesalkan jatuhnya korban jiwa dan sangat ingin mempelajari kenyataan dari penyelidikan yang transparan dan dapat dipercaya," kata Pelosi dalam satu pernyataan di tengah kemarahan global terhadap Israel sehubungan dengan serangan menjelang fajar terhadap kapal bantuan di perairan internasional.

"Kejadian ini menggarisbawahi sangat mendesaknya perundingan yang dirancang untuk mewujudkan dan perdamaian regional yang menyeluruh dan langgeng," kata Pelosi, pendukung kuat Israel.

Komentarnya dikeluarkan di tengah ungkapan kemarahan di seluruh dunia terhadap serangan Israel tersebut, yang membuat sedikitnya sembilan pegiat pro-Palestina tewas, dan banyak negara mengutuk Israel atas apa yang dikatakan Perdana Menteri Turki sebagai pembantaian berdarah.

Dewan Keamanan PBB mengutuk serangan itu dalam satu pernyataan Selasa, tapi tak sampai menyerukan dilakukannya penyelidikan independen, sementara Amerika Serikat mendukung penyelidikan oleh Israel.

Banyak diplomat mengatakan sidang darurat 12 jam Dewan Keamanan membuat Turki dan Amerika Serikat saling berhadapan dalam menyerukan pengutukan keras terhadap Israel.(C003/A011)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010