FIFGROUP dan Astra luncurkan dana bergulir tanpa bunga bagi 588 UMKM

FIFGROUP dan Astra luncurkan dana bergulir tanpa bunga bagi 588 UMKM

Penyerahan simbolis dana bergulir tanpa bunga bagi 588 UMKM oleh CEO FIFGROUP Margono Tanuwijaya (kedua dari kiri) kepada pelaku UMKM. ANTARA/Aji Cakti

Jakarta (ANTARA) - PT Federal International Finance (FIFGROUP) bersama empat lembaga Astra yang bernaung di bawah Astra Grup meluncurkan dana bergulir tanpa bunga bagi 588 UMKM.

"Program Dana Bergulir dalam Pilar Pemberdayaan Masyarakat ini sejalan dengan filosofi Catur Dharma Astra, Corporate Affairs Policy PT Astra International Tbk serta Corporate Strategy FIFGROUP, di mana kita harus senantiasa berusaha mencapai yang terbaik dan menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara," ujar Chief Executive Officer (CEO) FIFGROUP, Margono Tanuwijaya dalam seminar daring di Jakarta, Kamis.

Menurut Margono, pihaknya mendukung para pelaku usaha yang mau maju untuk mengembangkan usahanya dengan memberikan berbagai pelatihan bagi UMKM dengan daerah pengembangan UMKM dan program lainnya.

“Dalam kesempatan ini mari kita semua mendukung program pengembangan UMKM untuk Indonesia apalagi dalam kondisi pandemi ini. Pada akhirnya kita harus yakin dan bangga atas hasil karya dari anak-anak negeri ini, yang kreatif dan mampu bersaing dan berkontribusi secara positif dan menjadi andalan dan penyelamat ekonomi bangsa," katanya.
Baca juga: Keterbatasan bukan alasan tidak produktif di tengah pandemi

Di tahun 2021, target FIFGROUP yang merupakan bagian dari Astra Financial dan juga salah satu anak perusahaan PT Astra International Tbk melalui program Dana Bergulir Corporate Social Responsibility (CSR), mencapai 588 UMKM binaan dengan total bantuan senilai Rp1,666 miliar di 242 titik se-Indonesia.

FIFGROUP melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau memoradum of understanding (MoU) bersama empat lembaga Astra lainnya yakni Environment and Social Responsibility (ESR) PT Astra International Tbk, Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA – MDR) dan Yayasan Astra Honda Motor (YAHM). Kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi dengan yayasan Astra yang berpengalaman dalam hal pembinaan para penggiat UMKM, di mana masing-masing yayasan memiliki peran tersendiri, namun bermuara pada pembiayaan dan pembinaan serta pengembangan UMKM.
Baca juga: FIFGROUP terpilih sebagai perusahaan terbaik dalam Astra Awards 2021

"Program dana bergulir ini merupakan salah satu cara bagi mereka yang kesulitan modal untuk meningkatkan kemampuan UMKM dalam bidang usaha masing-masing terutama di masa pandemi ini, dengan memberikan bantuan pinjaman tanpa bunga," ujar Chief of Corporate Communication and CSR FIFGROUP Yulian Warman.

Menurut Yulian, nilai pinjaman yang diberikan berkisar antara Rp2 juta sampai dengan Rp20 juta kepada pelaku UMKM.

"Dalam memberikan dana bergulir UMKM FIFGROUP, terdapat beberapa kriteria yang menjadi pertimbangan dalam mendapatkan pinjaman dana bergulir UMKM FIFGROUP, antara lain memiliki tempat usaha pribadi, memiliki lama usaha berjalan yang cukup, memiliki laporan pembukuan yang baik, memiliki penghitungan rasio penghasilan yang cukup untuk membayar angsuran, dan berada di lingkungan usaha FIFGROUP," katanya.

Baca juga: FIFGroup raih penghargaan 20 Pilar Financial Indonesia Award
Baca juga: FIFGroup sudah terapkan AI untuk layani konsumen

Pewarta: Aji Cakti
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Vaksinasi masyarakat usia 18 tahun ke atas di Puskesmas Tambora

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar