Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), di Jakarta, Sabtu, meluncurkan program nasional kampanye lingkungan untuk anak muda dengan nama "GAUL".

"Sebagaimana amanat Bapak Wapres pada pembukaan Pekan Lingkungan Indonesia 2010, kini saatnya untuk beraksi, bukan saatnya lagi untuk berceramah, lakukan apa yang bisa dilakukan," kata Menteri LH, Gusti Muhammad Hatta, pada rangkaian acara Pekan Lingkungan Indonesia 2010 di Jakarta.

GAUL, lanjutnya, akan menjadi bahasa komunitas untuk merapatkan barisan dalam setiap upaya penyelamatan dan pelestarian lingkungan.

GAUL merupakan kampanye nasional tentang hidup ramah lingkungan dengan sasaran anak muda berusia 15-35 tahun, yang menurut data BPS 2009 berjumlah 85 juta orang.

Anak muda dipilih sebagai sasaran kampanye karena mereka masih bisa mengubah perilaku dan dapat mempengaruhi komunitasnya untuk hidup ramah lingkungan.

GAUL merupakan kampanye nasional yang diinginkan untuk berkesinambungan dengan mengajak, mengingatkan, dan memberikan solusi hidup untuk ramah lingkungan.

Menlh mengatakan, pendekatan pelaksanaan program yang dilakukan melalui kampanye yang populer sesuai target sasaran dan mengedepankan tips serta solusi praktif hidup ramah lingkungan, seperti bersepeda, menanam dan memelihara pohon, membuat lubang resapan biopori, dan melakukan uji emisi terhadap kendaraan pribadinya.

Pada kesempatan tersebut, Charlie ST12, yang diangkat menjadi Duta GAUL, ikut meramaikan suasana dengan bernyanyi.

Sebelum meresmikan kampanye GAUL, Menlh bersepeda dari kediaman dinas di perumahan pejabat Widya Candra Kuningan ke kompleks JCC Senayan.

Menlh bersepeda dengan ditemani jajaran eselon I KLH, Walikota Jakarta Selatan Syahrul Effendi, Walikota Jakarta Pusat Sylviana Murni, Ketua Umum komunitas sepeda "Bike To Work" Toto Sugito, dan puluhan pesepeda dan pesepeda ontel.
(T.N006/S018/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010