Makassar (ANTARA News) - Andi Meriem Mattalatta (53), penyanyi lenggedaris yang dijuluki "Mutiara dari Selatan" tutup usia di Belanda, Jumat (4/6) malam. "Kami mendapat kabar dari Belanda sekitar pukul 21.30, Jumat (4/6) bahwa kakak meninggal dunia setelah dibawa ke rumah sakit," kata adik bungsu Meriem, Andi Soraya di Makassar, Sabtu.

Menurut dia, penyanyi yang merupakan anak kelima dari enam bersaudara ini, sebelum berangkat ke negeri "kincir angin" itu masih sempat berkomunikasi dengan keluarganya di Makassar.

Seperti yang dituturkan Soraya, Meriem mengatakan akan mendampingi anak tunggalnya Dania (32) menghabiskan cutinya ke Belanda.

"Tidak ada keluhan sakit atau apapun, hanya mengatakan akan menemani Dania berlibur," katanya.

Mengenai pemulangan jenazah penyanyi berlesung pipit tersebut, ia mengatakan, direncanakan Minggu (6/6) dan akan dimakamkan Senin (7/6).

Hanya saja, lanjutnya, pihak keluarga besar Andi Mattalatta belum mengetahui pasti pemakaman Meriem dilakukan di Jakarta atau Makassar.

"Kami masih menunggu kesepakatan keluarga, apakah di makamkan di Jakarta atau di Makassar. Namun bila keputusannya di Jakarta, maka keluarga besar kami akan berangkat ke Jakarta, Minggu (7/6)," ujarnya.

Meriem terkenal sebagai penyanyi pada era tahun 1980-an, bukan hanya tingkat nasional, namun juga di mancanegara setelah berhasil memenangkan sejumlah festival lagu pop bersama penyanyi seangkatannya seperti Harvey Maleiholo.(*)
(S036/F003/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010