Semarang (ANTARA News) - Apple Band, kelompok musik asal Semarang menggalang bantuan dana untuk pengobatan Imel, bocah penderita kelainan hati yang ditangani Rumah Pusat Umum Pusat (RSUP) dr. Kariadi di Semarang.

Grup musik yang digawangi dua personel, Adrian Herry S (vokal dan gitar) dan Awan Setiawan (gitar), serta tiga "additional player" itu mendatangi Imel di sebuah rumah di Jalan dr. Kariadi Nomor 472 A Semarang, Senin.

Rumah itu dikontrak kedua orang tua Imel, Yuli Afrizal (39) dan Meirika (32) karena pertimbangan kedekatan akses dengan RS, mengingat Imel masih harus menjalani perawatan secara berkala di RSUP dr. Kariadi Semarang.

"Kami bersama kawan-kawan wartawan menggagas sebuah gerakan untuk membantu anak-anak penderita kelainan hati dengan cara mengumpulkan dana sebesar Rp1.000 setiap orang," kata vokalis Apple Band, Adrian.

Menurut dia, pihaknya ingin memberi contoh bahwa anak-anak muda bisa melakukan sesuatu yang berguna bagi mereka yang membutuhkan, meskipun jumlah uang yang disumbangkan hanya Rp1.000 per orang.

"Meskipun besarnya tidak seberapa, jika uang sebesar itu dikumpulkan dari banyak anak-anak muda bisa membantu. Anak-anak muda harus membuktikan bisa berguna bagi sesama," katanya.

Ia mengatakan gagasan gerakan yang bersifat sosial tersebut timbul karena tergugah dengan penderitaan dan kondisi anak-anak yang menderita kelainan hati yang jumlahnya ternyata semakin banyak.

Apalagi, kata dia, biaya pengobatan dan perawatan pasien penyakit hati sangat besar, tidak hanya meliputi biaya operasi cangkok hati yang diperkirakan mencapai sekitar Rp800 juta, namun biaya pra dan pascaoperasi.

Kedatangan mereka untuk menjenguk Imel tersebut, sekaligus juga menyerahkan bantuan dana untuk membantu biaya pengobatan dan perawatan putri pasangan suami istri asal Belawan, Medan, Sumatra Utara itu.

Bahkan, Adrian menawari ayah Imel, Yuli Afrizal untuk bekerja di salah satu perusahaannya, mengingat Yuli sudah tak bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) karena mengurusi perawatan dan pengobatan Imel.

Selain itu, Apple Band juga tengah mempersiapkan dua lagu yang dipersembahkan untuk Imel dan lagu tersebut rencananya akan ditampilkan dalam konser amal sebagai kampanye "Gerakan Seribu Hati".

Kedua orang tua Imel, terutama sang ibu, Meirika terlihat sangat terharu melihat perhatian dan bantuan yang diberikan para personel Apple Band dan seluruh pihak terhadap pengobatan dan perawatan Imel.

Meirika tak kuasa menahan tangis saat menerima bantuan yang dituangkan dalam buku tabungan lengkap dengan kartu anjungan tunai mandiri (ATM) dan beberapa lembar cek berisi uang jutaan rupiah.

"Kami sangat terharu dan bersyukur banyak pihak yang peduli dan membantu Imel, semoga semua ini bermanfaat dan dibalas oleh Allah SWT," kata Meirika menangis sambil menggendong putri keduanya itu.
(ANT/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010