Liga 2 Indonesia

Raffi Ahmad akuisisi Cilegon United, Pengamat: Fenomena positif

Raffi Ahmad akuisisi Cilegon United, Pengamat: Fenomena positif

Tangkapan layar - Pertemuan pesohor Raffi Ahmad (kiri) dan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kanan) di Kantor PSSI, Jakarta, Jumat (19/2/2020). Raffi menyambangi PSSI untuk mendukung penyelenggaraan turnamen pramusim Piala Menpora 2021. ANTARA/HO-PSSI.

Manfaatkan popularitas untuk kembangkan klub, cari sponsor
Jakarta (ANTARA) - Pengamat sepak bola Anton Sanjoyo menilai kabar selebritas Raffi Ahmad mengakuisisi klub Liga 2 Cilegon United FC sebagai fenomena positif yang akan memberikan perubahan lebih baik bagi masa depan sepak bola Indonesia.

"Raffi kan sudah punya popularitas, sudah kaya juga. Manfaatkan popularitas untuk kembangkan klub, cari sponsor," kata Anton, saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Sebelumnya, kabar Raffi membeli Cilegon United FC diunggah pada akun Instagram Raffi dengan nama @raffinagita1717, Minggu (28/3), yang memamerkan foto pesohor tersebut bersama Presiden Cilegon United Yudi Apriyanto.

Baca juga: Raffi Ahmad sambangi PSSI dukung Piala Menpora

Tidak banyak keterangan yang ditulis Raffi menyertai foto tersebut. Hanya tulisan "Mohon doanya... Bismillah...," yang kemudian disambut sejumlah dukungan dari artis dan pelaku sepak bola nasional di kolom komentar.
 

Anton menduga Raffi memanfaatkan energi luar biasanya untuk membeli klub karena memang benar-benar tertarik mengembangkan sepak bola Indonesia dengan membeli klub Liga 2.

Sebab, diakuinya, sepak bola memang memiliki daya tarik yang luar biasa sehingga banyak juga orang membeli klub sepak bola dengan tujuan berbeda, seperti mencari popularitas, dan sebagainya.

"Sebenarnya kalau soal membeli klub, asal punya uang, bisa saja. Tetapi, yang penting mau enggak mereka mencurahkan perhatian untuk pembinaan pemain usia muda, pengembangan wasit, dan sebagainya?" ujarnya.

Anton berharap banyak selebritas milenial lainnya yang nanti meniru langkah Raffi, atau Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo yang juga baru saja memborong 40 persen saham klub Persis Solo.

Baca juga: Kaesang Pangarep inginkan Tim Persis Solo ke Liga 1

Boleh jadi, kata dia, Raffi maupun Kaesang akan semakin terdongkrak popularitasnya dengan klub yang dibelinya, tetapi nilainya akan berbeda dengan yang sekadar mencari popularitas.

Namun, baik Raffi maupun Kaesang, Anton mengingatkan mereka harus memikirkan soal kompetisi usia muda, seperti kompetisi anak gawang untuk memastikan regenerasi yang baik dan berkualitas dalam sepak bola.

Selain dikabarkan membeli Cilegon United FC, Raffi juga sempat bertemu dengan Chief Operating Officer (COO) Dewa United Rendra Soedjono yang fotonya dibagikan Rendra di laman Instagram pribadinya.

"Cilegon United dan Dewa United. Persahabatan di pentas sepak bola nasional," tulis Rendra.

Baca juga: Gibran ingin Persis Solo dikelola secara profesional dan transparan
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by rensu (@rendrasoedjono)

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ini alasan pemerintah ajak seniman sosialisasikan protokol kesehatan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar