Menteri PUPR berharap kedua ruas tol baru JORR II segera beroperasi

Menteri PUPR berharap kedua ruas tol baru JORR II segera beroperasi

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kedua dari kiri) dan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit (tengah) serta jajaran Kementerian PUPR meninjau ruas Tol Cengkareng - Kunciran yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol JORR II. Dokumentasi Kementerian PUPR

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berharap kedua ruas tol baru Jakarta Outer Ring Road (JORR II) yakni Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran dan Tol Serpong – Cinere Seksi I dapat segera beroperasi.

“Harapannya jalan tol ini bisa segera operasi karena sudah ditunggu masyarakat,” kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Menteri PUPR meninjau kesiapan Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran sepanjang 14,19 km dan Tol Serpong – Cinere Seksi I Serpong Pamulang sepanjang 6,5 km pada Selasa sore (30/3).

Kedua ruas tol yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II) yang dibangun untuk melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Metropolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo, Kamis (1/4).

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja yang juga juru bicara Kementerian PUPR mengatakan, jalan tol ini akan melengkapi ruas tol JORR II di sisi Barat, yang sudah dinantikan masyarakat Tangerang dan Tangerang Selatan.

"Ini juga menjadi alternatif lain dari Jawa Barat dan Jakarta bagian Selatan untuk menuju Bandara Soekarno Hatta," kata Endra.

Mengenai Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran, Endra menyatakan secara keseluruhan fungsi badan utama jalannya sudah selesai dan berfungsi dengan baik. "Tinggal perapihan (finishing) di beberapa titik seperti guard rail dan marka jalan, tidak mengganggu fungsi utama tol dari gate ke gate," ujarnya.

Berdasarkan data,  kemajuan konstruksi Jalan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran saat ini telah mencapai 94,08 persen. Ruas tol ini dikelola oleh PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) dengan biaya konstruksi sebesar Rp1,96 triliun.

Pembangunan Tol Cengkareng - Batu Ceper - Kunciran terbagi menjadi 4 seksi, yaitu Seksi I (Kunciran – Tirtayasa) sepanjang 2,04 Km, Seksi II (Tirtayasa – Benteng Betawi) sepanjang 3,52 Km. Kemudian Seksi III (Benteng Betawi – H.Sastranegara) sepanjang 6,57 Km, dan yang terakhir Seksi IV (H.Sastranegara – SS Benda) sepanjang 2,06 Km.

Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran akan dilengkapi 5 Gerbang Tol (GT), yakni GT Kunciran, GT Tirtayasa, GT Buaran Indah, GT Tanah Tinggi, dan GT Husein Sastranegara. Selain itu juga dilengkapi juga 3 Simpang Susun (SS) yaitu SS Kunciran, SS Belendung, dan SS Benda.

Jalan Tol Cengkareng - Batuceper - Kunciran nantinya juga akan tersambung dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong yang sudah beroperasi dan diresmikan oleh Presiden Jokowi sejak Desember 2019 lalu.

Sedangkan untuk Ruas Tol Serpong – Cinere sepanjang 10,1 km yang terdiri atas 2 seksi, yakni Seksi I Serpong-Pamulang sepanjang 6,5 km yang sudah rampung, serta Seksi II Pamulang -Cinere sepanjang 3,6 km dengan kemajuan pengerjaan 86 persen.

Pengusahaan ruas tol ini dilakukan oleh PT Cinere Serpong Jaya dengan biaya konstruksi Rp2,1 triliun.

"Untuk sisa seksi 2 Pamulang-Cinere nantinya akan tersambung ke Ruas Tol Cinere- Jagorawi dan Tol Depok- Antasari, sehingga menjadi jaringan yang terhubung," ujar Endra.

Baca juga: Jasa Marga bakal resmikan dua ruas Tol JORR II akhir Maret ini
Baca juga: Proyek Tol JORR II ditargetkan rampung pertengahan 2020
Baca juga: Tiga ruas Tol JORR II rampung Maret 2020

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Ke Solo, Menteri PUPR minta percepat proyek Pasar Legi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar