Makassar (ANTARA News) - Sebanyak 200 unit taksi di Singapura dikontrak oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dengan menaruh gambar dan slogan yang mempromosikan provinsi itu.

"Gambar gubernur dipasang sebagai pembeda sehingga orang akan bertanya-tanya, siapa itu dan akan memancing keingintahuan,"jelas Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Sulsel Irman Yasin Limpo di Makassar, Kamis.

Ia mengungkapkan, tema-tema slogan yang dipasang pada alat transportasi publik tersebut antara lain"Visit South Sulawesi 2012" dan potensi investasi di Sulsel.

Taksi-taksi ini diharapkan dapat diluncurkan mulai 2 Juli 2010. "Saya harap gubernur bisa melakukan peluncurannya secara langsung dan kita upayakan juga Perdana Menteri Singapura ikut serta,"katanya.

Ide kreatif ini muncul karena Singapura adalah salah satu pusat perekonomian dunia sehingga menjadi media promosi yang efektif dibandingkan menyelenggarakan pameran yang kecil kemungkinannya dilihat banyak orang.

"Hampir semua ada di Singapura, di sana ada Disneyland terbesar di dunia dengan potensi kunjungan dua juta per bulan dari pada pameran yang pengunjungnya sedikit, saya amat yakin promosi seperti ini akan efektif" ujarnya.

Potensi manusia yang besar dan heterogen ini kemudian menjadi dasar pemerintah daerah memilih cara berpromosi di luar negeri seperti ini selain karena anggarannya yang tidak besar yaitu Rp200 juta.

"Kita sudah kontrak selama satu tahun. Ke depan kita akan lihat efeknya jika cukup berhasil kita akan pertimbangkan dengan melakukan survei pasar untuk dilanjutkan,"jelasnya. (*)

ANT/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010