Padang (ANTARA News) - Qori dan qoriah kalifah Sumatera Barat (Sumbar) berhasil masuk ke babak final pada enam cabang perlombaan Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) Nasional ke-23 di Bengkulu.

Humas Kalifah Sumbar, Zardi Syahrir dalam penjelasan diterima ANTARA di Padang, Kamis malam, mengatakan, para qori dan koriah Sumbar berhasil masuk final pada cabang Khat Naskah Putri, Tahfidz 1 Jus Tilawah Putra, Tilawah Cacat Netra Putri, Tilawah Remaja Putra, Syarhil Qur`an dan Qira`at Al Qur`an Putri.

Ia menjelaskan, pada cabang Khat Naskah Putri, Sumbar meloloskan qoriahnya, Nurreni dan Qoriah M. Faqihus Syar`i akan mewakili Sumbar di final pada cabang Tahfidz 1 Jus Tilawah Putra.

Pada final cabang Tilawah Cacat Netra Putri Sumbar menempatkan qoriahnya, Jusmiarti dan di final cabang Tilawah Remaja Putra, Sumbar meloloskan qorinya, Nur Ismet.

Kemudian, untuk final cabang Syarhil Qur`an putri Sumbar meloloskan timnya yang terdiri dari qoriah, Riski Gama Putri, Widya Elkhaira dan Elfitri. Sedangkan untuk final cabang Qira`at Al Qur`an Putri Sumbar menempatkan qoriahnya, Mutia Rahmi.

Keberhasilan menempatkan qori dan qoriah pada enam final perlombaan merupakan peningkatan prestasi besar kalifah Sumbar, karena pada MTQ Nasional ke-22 di Banten 2008, Sumbar hanya masuk final pada tiga cabang, katanya.

Ketua Kalifah Sumbar, Abdul Gafar mengatakan, keberhasilan masuk final pada enam cabang merupakan prestasi maksimal pada qori dan qoriah Sumbar.

Ia mengatakan, meski sebelumnya Sumbar diprediksi bisa meloloskan qori dan qoriahnya pada final sembilan cabang perlombaan, akan tetapi keberhasilan masuk pada enam final sudah merupakan perjuangan maksimal.

Untuk meraih prestasi terbaik dan merebut juara pertama pada enam final tersebut, kafilah Sumbar mengharapkan dukungan doa dari masyarakat Sumbar baik kampung halaman maupun di perantauan, tambahnya.(*)
(H014/R009))


Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010