Jakarta (ANTARA News) - Tunggal putri Pelatnas Aprilia Yuswandari menantang unggulan pertama yang juga andalan tuan rumah India, Saina Nehwal, di semifinal India Terbuka Grand Prix Gold.

Aprilia membukukan tempat di babak empat besar dengan kemenangan mudah 21-9, 21-6 atas Renuga Veeran dari Australia dalam turnamen yang digelar di Chennai, India, Jumat.

Sedangkan juara Indonesia Terbuka, peringkat enam dunia Saina, menundukkan rekan senegaranya, unggulan keenam Sayali Gokhale 21-4, 21-8.

Pertarungan berat juga kemungkinan dihadapi tunggal putri Indonesia lainnya, Linda Weni Fanetri yang di semifinal bertemu unggulan kedua Wong Mew Choo dari Malaysia.

Linda melangkah ke semifinal dengan menyisihkan pemain Singapura Gu Juan melalui kemenangan dua game langsung 21-9, 21-17, sedangkan Mew Choo menang tipis 22-20, 21-19 atas unggulan delapan asal Singapura Chen Jiayuan.

"Mudah-mudah ada kejutan karena mereka bermain tanpa beban. Jadi, bisa mencoba sampai di mana kekuatan mereka," ujar Asisten Pelatih Tunggal Putri Pelatnas Thomas Indratjaja mengenai dua pemain asuhannya yang bertemu unggulan.

Thomas mengatakan mereka harus mencoba kemampuan maksimal mereka untuk menghadapi dua pemain unggulan itu.

Pada tunggal putra, Alamsyah Yunus menjadi satu-satunya semifinalis di luar pemain India setelah mengalahkan pemain India unggulan keempat Arvind Bhat 21-19, 21-19.

Alamsyah akan memperebutkan tempat di final dengan unggulan pertama Anand Chetan yang menang atas Tan Chun Seang asal Malaysia 21-15, 19-21, 21-16.

Semifinal tunggal putra lainnya mempertemukan unggulan ketiga P Kashyap dengan unggulan ketujuh RMV Gurusaidutt.

Pada ganda campuran, Indonesia juga meloloskan dua semifinalis, ketika unggulan keempat Muhammad Rijal/Debby Susanto bertemu unggulan pertama Jwala Gutta/Diju Valiyaveetil dari India, dan Jenna Gozali/Riky Widianto melawan pasangan Singapura Yao Lei/Chayut Triyachart untuk meraih tempat di final.

Pada ganda putra, Indonesia menyisakan pasangan Afiat Yuris Wirawan/Rendy Sugiarto setelah dua pasangan lainnya, Berry Angriawan/Muhammad Ulinnuha dan Mochamad Rizki Delynugraha/Muhammad Rijal tersisih di perempat final.(*)
(T.F005/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010