Gorontalo (ANTARA News) - Ketua Umum Forum Bahasa Media Massa (FBMM), TD Asmadi, menegaskan bahwa setiap wartawan sebaiknya harus kaya akan perbendaharaan kata.

Hal itu di sampaikannya pada saat memberikan materi dalam kegiatan Loka Karya Kode Etik Jurnalistik oleh Dewan Pers Indonesia untuk sejumlah wartawan Gorontalo, di Hotel Quality, Kota Gorontalo, Jumat.

"Seorang wartawan harus memiliki banyak perbendaharaan kata agar nantinya dia bisa lebih kreatif lagi dalam meningkatkan hasil karya jurnalitstiknya," kata Asmadi.

Menurut Asmadi, wartawan adalah profesi yang paling tinggi keterlibatannya dengan penggunaan bahasa Indonesia. Setiap hari para wartawan bergulat dengan bahasa, memilih dan menyusun kata sehingga menjadi informasi yang menarik bagi khalayak.

Dia menambahkan, selain itu seorang wartawan juga harus mampu menggunakan kata-kata yang tepat dalam menyajikan informasi.

Artinya adalah kata yang digunakan harus sanggup menimbulkan gagasan yang tepat pada imajinasi khalayak, seperti yang di inginkan oleh pembicara yang menjadi narasumber dari berita yang dibuat.

"Selain kaya akan perbendaharaan kata, ketepatan dalam menggunakannya juga adalah sangat penting dalam pemberitaan," kata Asmadi.(*)

(T.KR-MTO/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010