Karanganyar (ANTARA News) - Tim SAR gabungan menemukan lagi satu korban tanah longsor di Dukuh Dawuhan, Desa Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa, sehingga jumlah korban tewas menjadi empat orang.

Korban tersebut bernama Sularso (35) warga Tegalsari, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, yang ditemukan sudah dalam kondisi tewas oleh tim SAR bersama masyarakat setempat sekitar pukul 16.15 WIB.

Menurut anggota tim SAR Karangayar David Rekamuna, dengan ditemukannya jenazah Sularso, maka empat korban tanah longsor sudah ditemukan seluruhnya.

Tiga korban lainnya yang sebelumnya telah ditemukan tim SAR bersama warga setempat, yaitu Wagino (60) dan istrinya, Sri Wahyuni (45), warga Dukuh Gamping Bondan, Desa Dawung, Tawangmangu, dan Warto (36), warga Dukuh Beyan, Kecamatan Jatiyoso, Karanganyar.

Menurut dia, korban Sularso saat ditemukan tertimbun bebatuan dan longsoran tanah. Tim SAR menyingkirkan timbunan tersebut dengan menyemprotkan air.

Korban saat ditemukan posisinya telungkup, dan tertimbun batu besar. Batu itu berhasil disingkirkan dengan cara diikat tali, kemudian ditarik, dan jenazah korban langsung dievakuasi.

"Tubuh korban kondisinya remuk mengenaskan, dan langsung dibawa ke Puskesmas untuk pemeriksaan," katanya.

Sementara itu, warga setempat berusaha mengangkat sebuah truk bernomor polisi AD 1393 MF yang juga tertimbun longsoran tanah. Upaya itu belum berhasil karena tali "sling" yang digunakan untuk menarik dari longsoran terputus.

"Tali sudah empat kali diganti, tetapi tidak kuat untuk menarik truk tersbut," kata Giman, warga setempat.

Saksi mata Sumardi, kernet truk itu menjelaskan tanah longsor terjadi sekitar pukul 13.00 WIB.

Empat korban tersebut, sebelumnya setelah istirahat makan siang mereka melanjutkan menggali batu dan pasir dengan cara manual.

Kejadiannya, menurut dia mengejutkan dirinya, karena tanah berbatu di atas para korban tiba-tiba runtuh menimbun mereka.

Truk yang diparkir di bawah para korban juga ikut tertimbun di bagian belakang hingga kendaraan ini miring.

Kejadian itu langsung dilaporkan ke warga sekitar, dan ke Polsek Tawangmangu.(*)
(U.B018/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010