Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Tubagus Hasanuddin, akan memimpin 18 anggota delegasi DPR lintas fraksi ke Timur Tengah dengan target utama meninjau kawasan Gaza, Palestina.

"Saya dan juga Pak Agusakan memimpin bersama tim Komisi I DPR ini, dan dijadwalkan akan berangkat pada 28 Juni 2010," ungkapnya kepada ANTARA News di Jakarta, Rabu. Pak Agus yang dimaksudnya adalah Agus Gumiwang dari Fraksi Partai Golkar, Wakil Ketua Komisi I.

Tubagus Hasanuddin menjelaskan, program kunjungan kerja itu memang diadakan sejalan dengan mengimplementasikan fungsi pengawasan atas kinerja Kementerian Luar Negeri yang ujung tombaknya adalah kedutaan-kedutaan besar serta konsulat jenderal.

"Jadi, ini dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan Dewan sesuai amanat konstitusi, yang kali ini targetnya di Timur Tengah," ujarnya.

Tetapi karena momentumnya bertepatan dengan adanya kasus para relawan yang ditahan Israel, kata Tubagus Hasanuddin, sehingga kunjungan kerja sekarang juga dikaitkan dengan misi kemanusiaan atas Gaza (jajahan Israel).

"Kami akan meninjau langsung situasinya dan bertatap muka dengan warga RI termasuk staf kedutaan guna mendapatkan informasi tangan pertama yang berguna bagi usulan rumusan kebijakan untuk ditindaklanjuti," katanya.

Terkait menjalankan politik luar negeri yang menjadi salah satu bidang tugas komisinya, Tubagus Hasanuddin mengimbau seluruh

instansi Pemerintah harus satu bahasa, jangan menciptakan pernyataan-pernyataan atau menjalin hubungan di luar koridor sesuai garis ideologi Negara RI.
(M036/A041/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010