Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum, dan Keamanan, Djoko Suyanto, mengatakan, pemerintah belum membahas pergantian Kepala Polri.
"Belum, kita belum rapat," kata Djoko ketika ditemui setelah menghadiri pertemuan Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di kantor presiden Jakarta, Rabu.

Djoko menyatakan hal itu menanggapi pertanyaan wartawan tentang rapat pimpinan Polri 2010 yang salah satu agendanya adalah pembahasan pergantian Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri yang akan memasuki masa pensiun pada November 2010.

Menurut Djoko, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) belum menyampaikan kriteria atau kualifikasi seseorang untuk menjadi Kapolri. Djoko menjelaskan, Kompolnas adalah lembaga yang diberi kewenangan untuk mengusulkan hal tersebut.

Meski demikian, katanya, pemerintah tetap berpegang pada pedoman normatif untuk menentukan persyaratan bagi seorang perwira untuk menjabat sebagai Kapolri.

Djoko menyebutkan, orang tersebut harus memenuhi jenjang kepangkatan, memenuhi persyaratan usia, menguasai bidang kerja, dan memiliki integritas yang tinggi.

"Yang pasti dia harus sanggup meningkatkan aspek penegakan hukum," katanya tanpa menjelaskan kapan pemerintah akan mulai menggelar rapat tentang proses pergantian Kapolri.(*)
(F008*G003/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010