Jakarta (ANTARA News) - Ani Yudhoyono mengajak ratusan siswa sekolah dasar dari seluruh penjuru Jakarta untuk berwisata ke Museum Nasional, Jakarta.

"Masing-masing museum memiliki ciri khas sendiri-sendiri, manfaatkan waktu sebaik-baiknya dan cermati apa saja yang ditampilkan disana," kata Ani saat berdialog dengan sedikitnya 500 anak SD dari Jabodetabek, Kamis pagi.

Acara tersebut merupakan program "Ayo Ke Museum Bersama Ibu Negara" yang diselenggarakan Ibu Negara dan anggota Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) untuk mendukung Tahun Kunjungan Museum 2010.

Mereka mengunjungi tujuh museum yaitu Museum Nasional bersama Ani Yudhoyono, Museum Polri bersama Herawati Boediono, Museum Bank Indonesia bersama Okke Hatta Rajasa, Museum TNI Satria Mandala bersama Ratna Djoko Suyanto dan Museum TMII bersama Nuraini MS Hidayat.

Sekitar 500 siswa kelas 4 dan 5 SD yang turut dalam wisata museum itu berasal dari 100 SD dseluruh Jakarta di mana setiap SD diwakili lima siswa dan satu pendamping.

Ibu Negara mengawali acara wisata ke Museum Nasional dengan melihat-lihat koleksi di ruang arkeologi.dan berhenti pertama kali di depan koleksi patung terbesar Museum Nasional dari abad 14 dan ditemukan di Sumatra Barat.

Beberapa anak mengaku ini adalah kunjungan pertamanya ke museum.

"Belum pernah ke museum. Ini pertama kalinya," kata Sarah dari SDN 03 pagi Jakarta Pusat. Siswi kelas lima itu mengatakan biasanya ia berjalan-jalan ke tempat perbelanjaan di waktu libur.(*)

G003/A011/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010