Jakarta (ANTARA News) - Ibu Ani Yudhoyono berjanji akan mengajarkan cucunya, Almira Tunggadewi Yudhoyono, agar menggemari ikan lele yang dikenal mengandung banyak protein.

Pada acara Festical Raya Lele Nusantara 2010 di Parkir Timur Senayan Jakarta Sabtu, Ibu Negara mengajak masyarakat untuk mengubah citra ikan lele yang seringkali dipersepsikan sebagai produk makanan tidak sehat.

Padahal, menurut Ani, ikan lele mengandung protein tinggi yang tentunya baik untuk perkembangan otak anak-anak, berkolestrol rendah, dan rasanya cukup lezat.

"Saya punya cucu satu-satunya. Insya Allah akan saya ajarkan makan lele. Sekarang belum, agak sedikit besar lagi saya ajarkan makan lele. Pokoknya sebelum lima tahun," tuturnya.

Pada acara itu, Ani sekaligus mencanangkan ikan lele sebagai salah satu komoditas program ketahanan pangan. Dengan nutrisi cukup baik dan harga murah, ikan lele menjadi komoditas terbaik yang terjangkau masyarakat luas untuk mencukupi kebutuhan pangan mereka.

Festival Raya Lele Nusantara 2010 diselenggarakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan itu terdiri atas beberapa rangkaian kegiatan antara lain temu bisnis peternakan ikan lele dari hulu sampai hilir, lomba masak aneka resep ikan lele, dan pameran berbagai produk olahan ikan lele.

Ani Yudhoyono pada acara itu juga menyempatkan diri santap siang dengan para peserta festival. Menu makan siap disiapkan untuk Ani antara lain pecel lele, ikan nila, serta cumi dan udang goreng.

Dalam sambutannya, Ani Yudhoyono mengajak masyarakat Indonesia untuk berkreasi mencukupi kebutuhan pangan dengan komoditas apa pun yang tersedia dan bahkan menamam sendiri produk pangan di halaman rumah.

Dengan kondisi lahan Indonesia cukup subur, Ani menyatakan keheranannya apabila masih ada masyarakat yang menderita kelaparan.

Presiden Yudhoyono pun, menurut Ani, sejak kecil mengonsumsi nasi tiwul dan akhirnya saat ini mampu menjabat kepala negara.

(T.D013/A011/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010