Toronto (ANTARA News/Reuters) - Harimau Benggala bernama Jonas serta dua ekor unta bernama Todd dan Sean dicuri maling yang membawa lari truk dan trailer pembawa ketiga hewan itu di Kanada timur.

Ketiga hewan tersebut "raib" dalam perjalanan ke Kebun Binatang Bowmanville di pinggir kota Toronto.

Direktur Kebun Binatang Bowmanville, Michael Hackenberger, mengatakan, "Jonas", "Todd" dan "Sean" dicolong bersama dengan kendaraan yang mengangkut mereka setelah pengemudi kendaraan itu berhenti untuk bermalam di provinsi berbahasa Perancis, Quebec.

"Keprihatinan kami ialah semua hewan tersebut terakhir kali diberi air pada pukul 23:00. Berarti itu sudah lebih dari 12 jam lalu, dan kenyataan bahwa cuaca berubah jadi sangat panas di Kanada berarti jika trailer tersebut tak memiliki ventilasi yang layak, semua hewan itu dapat terancam bahaya," kata Hackenberger.

Dalam pembicaraan melalui telefon genggam saat ia bergegas menuju Quebec dengan membawa pasokan medis buat semua hewan itu ketika mereka ditemukan, ia mengatakan, "Itu seperti kondisi siaga, makin lama itu berlangsung, makin tipis kemungkinan memperoleh kembali semua hewan tersebut."

Hackenberger mengatakan ketiga hewan itu sangat "menyenangkan" dan bersahabat.

Kedua ekor unta yang digunakan sebagai hewan kendaraan di kebun binatang sudah seperti kuda yang bertingkah baik, katanya.

Ia mengatakan Jonas, sang macan yang memiliki berat sekitar 180 kilogram, terlatih dan bersahabat. Ia dikunci di balik beberapa pintu di satu kandang bagian dalam di trailer itu.

"Tetapi tetap saja hewan tersebut adalah harimau," katanya mengingatkan.

Ketiga hewan tersebut bisa mati karena kehabisan cairan kecuali kalau mereka segera diberi air, katanya.

Hackenberger mengatakan ia tak percaya semua pencuri itu telah mengincar hewan tersebut karena wilayah tempat trailer itu dicuri telah menghadapi beberapa kali pencurian kendaraan serupa.

"Saya kira para pencuri tersebut tak tahu apa yang ada di dalam (truk yang mereka larikan-red.)," katanya.(*)
(Uu.C003/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010