Cianjur (ANTARA News) - Menjelang malam, jalur Puncak-Cipanas, Jawa Barat, menuju arah Jakarta, macet total. Antrian panjang kendaraan mencapai 18 kilometer.

Pantauan ANTARA, kepadatan arus lalulintas khususnya menuju arah Jakarta, telah terjadi pukul 16.30 WIB. Antrian kendaraan sempat tidak bergerak sama sekali selama 30 menit.

Kasat Lantas Polres Cianjur, AKP Gatot Satrio Utomo, membenarkan hal tersebut. Sejak siang hari pihaknya telah melakukan berbagai upaya, antisfasi terjadinya macet total pada akhir pekan kali ini.

Kepadatan arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Cipanas, terus meningkat dan menjelang sore antrian panjang kendaraan mencapai 18 kilometer.

Kasat menuturkan pusat kepadatan arus kendaraan tersebut terlihat di beberapa titik terutama jalan masuk ke kawasan wisata, seperti Kebun Raya Cibodas dan Taman Bunga Nusantara.

"Untuk mengurai kemacetan, kita berkoordinasi dengan petugas di wilayah Bogor dengan memberlakukan sistem satu arah. Hari ini sudah dua kali system satu arah diberlakukan," katanya, Minggu.

Dia menuturkan, di kedua titik rawan macet itu, pihaknya menurunkan puluhan anggota, guna mengatasi hal tersebut.

Namun, tingginya volume kendaraan terutama bus pariwisata, pada akhir pekan kali ini, yang masuk dan keluar tempat wisata di kawasan Cipanas, menyebabkan antrian panjang.

"Banyak bus dan kendaraan pribadi yang masuk dan keluar tempat wisata adalah faktior utama terjadinya kemacetan. Namun kami berupaya untuk memutus rantai kemacetan itu," ujarnya.

Dia menambahkan, selain memberlakukan sistim buka tutup satu arah, pihaknya mengalihkan kendaraan dengan tujuan Bogor, Jakarta dan seterusnya ke beberapa jalur alternatif.

Sementara itu, dua tempat wisata Kebun Raya Cibodas dan Taman Bunga Nusantara, mengalami puncak kunjungan pada akhir pekan ini. Jumlah pengunjung yang datang ke dua tempat tersebut mencapai belasan ribu orang.(ANT/A038)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010