Baghdad (ANTARA News) - Dua bom mobil di ibu kota Irak, Baghdad, Ahad menewaskan 26 orang dan mencederai 53 orang lainnya, banyak di antara mereka wanita atau polisi lalu lintas, kata kementerian dalam negeri.

Bom-bom itu meledak dalam selang beberapa menit sekitar pukul 11:30 waktu setempat (15:30 WIB) di permukiman Al Yarmuk, Baghdad barat, kata seorang pejabat keamanan.

Kendaraan-kendaraan itu diparkir dekat kantor-kantor pemerintah tempat dikeluarkan kartu-kartu identitas dan paspor, dan antrian panjang orang-orang untuk memperbarui dokumen-dokumen itu.

Kantor-kantor polisi lalu lintas dan sebuah cabang Bank Commercial Irak juga terletak dekat lokasi yang sama yang dipadati orang pada hari pertama minggu kerja.

"Bank itu rusak parah," kata pejabat keamanan itu.

Tiga bom di pinggir jalan di Hurriya, satu perkampungan Syiah di utara Baghdad, menewaskan empat orang dan mencederai 16 orang, kata seorang pejabat keamanan kepada AFP.

Tembakan dari sebuah peluncur roket Katyusha menewaskan tiga orang dan mencederai empat orang di Al Obeidi, satu distrik kumuh Syiah di daerah timur ibu kota Irak dekat pangkalan Syiah Kota Sadr, kata seorang pejabat.

Dan di Zayouna, Baghdad tengah, polisi menemukan lima mayat wanita. Seorang petugas keamanan mengatakan mereka diduga dibunuh dua atau tiga minggu lalu.

Ada serangan-serangan belum lama ini terhadap wanita-wanita yang dituduh melanggar adat istiadat Islam.(H-RN/B002)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010