Jakarta (ANTARA News) - Bank Mandiri menjalin delapan perjanjian kerjasama dengan perusahaan penerbangan Badan Usaha Milik negara (BUMN), Garuda Indonesia.

Kerjasama ini ditandatangani oleh Wakil Direktur Utama Bank Mandiri, Riswinandi, dan Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar, yang disaksikan oleh Menteri BUMN, Mustafa Abubakar, di Kantor Kementerian Negara BUMN di Jakarta, Senin.

Penandatanganan kerjasama tersebut meliputi Mandiri Cash Management, Corporate Card, pemasangan dan penggunaan mesin EDC (Electronic Data Capture) Bank Mandiri di seluruh jaringan Cabang Garuda.

Kerja sama juga dilakukan untuk booking dan pembayaran tiket Garuda secara online, pembayaran online dengan kartu debit Mandiri, program diskon pembelian tiket dan paket-paket perjalanan Garuda Indonesia, penukaran point reward kartu kredit Mandiri dengan mileage point dari Garuda Frequent Flyer, dan penyediaan kartu prabayar Mandiri untuk PT Mandira Erajasa Wahana (AeroTrans) untuk pengisian bahan bakar (Gas-Card) dan akan diperluas dengan penyediaan E-Toll Card.

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Riswinandi, dalam siaran persnya, mengatakan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Garuda Indonesia merupakan langkah penguatan sinergi bisnis yang signifikan antar perusahaan milik negara untuk pengembangan usaha dan memberikan nilai tambah yang optimal kepada seluruh stakeholder.

"Penandatanganan perjanjian kerjasama ini merupakan kelanjutan dari nota kesepahaman peningkatan kerjasama bisnis yang telah ditandatangani akhir tahun lalu. Kami berharap akan muncul lebih banyak lagi inisiatif-inisiatif bisnis untuk mengoptimalkan pengembangan usaha," kata Riswinandi.

Pada 30 Desember 2009, Bank Mandiri dan Garuda Indonesia telah menandatangani perjanjian penyelesaian Mandatory Convertible Bond (MCB) sebagai bagian dari restrukturisasi hutang Garuda.

Seiring penyelesaian MCB Garuda tersebut, ditandatangani pula nota kesepahaman untuk peningkatan kerjasama bisnis antara Bank Mandiri dan Garuda Indonesia.

Nota kesepahaman itu merupakan payung dari berbagai kerjasama teknis yang dituangkan dalam perjanjian tersendiri.

Sejak penandatanganan nota kesepahaman tersebut, kegiatan aliansi bisnis untuk peningkatan kerjasama Bank Mandiri dengan Garuda secara intensif terus dilakukan, antara lain transaksi foreign exchange melalui Bank Mandiri dengan volume transaksi mencapai 53 juta dolar AS hingga Mei 2010.

Selain itu, disepakati pula kerjasama pengelolaan dana haji melalui Bank Mandiri, dengan penyaluran mencapai lebih dari 200 juta dolar AS pada tahun 2009.

Kemudian, terdapat pula kerjasama optimalisasi penempatan dana giro dan deposito, Complimentary Mileage pada pemegang kartu kredit Platinum Bank Mandiri, kerjasama promosi dalam program Kemilau Mandiri Fiesta, program iklan promosi bersama untuk First Flight Program ke Amsterdam serta berbagai program joint promotion maupun travel fair, dan program Consumer Loan kepada pegawai Garuda Indonesia dan group usahanya.

"Kami akan terus memperluas sinergi dengan Garuda Indonesia untuk meningkatkan value masing-masing perusahaan dan memberikan benefit yang lebih baik bagi para stakeholder," ujar Riswinandi.
(T.J008/A027/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010