Semarang, 21/6 (ANTARA) - PT Kereta Api Daerah Operasi (Daops) IV Semarang selama liburan panjang menerapkan tarif batas atas dan akan ada penambahan jumlah rangkaian untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang.

"Pada liburan panjang ini kami menerapkan tarif batas atas. Tarif batas atas biasanya diterapkan pada saat liburan dan akhir pekan," kata Kepala Humas PT Kereta Api Daerah Operasi (Daops) IV Semarang Sapto Hartoyo di Semarang, Senin.

Sapto mengatakan, selama liburan panjang jumlah rangkaian kereta dimaksimalkan, rata-rata ditambah satu hingga dua kereta.

Ia mencontohkan KA Sindoro dan Argomuria jurusan Semarang-Gambir ditambah satu kereta.

"Awalnya Kereta KA Sindoro dan KA Argomuria delapan kereta, dimaksimalkan menjadi sembilan kereta. Untuk KA Harina tujuan Bandung dan KA Rajawali jurusan Semarang-Surabaya tidak ada penambahan tetap lima kereta," katanya.

Begitu juga untuk kereta kelas bisnis, Senja Utama dan Fajar Utama yang sebelumnya delapan kereta ditambah satu kereta menjadi sembilan.

"Biasanya, kita ramainya pada akhir liburan banyak penumpang dari Jakarta dan Bandung. Oleh karena itu, pada akhir liburan akan kita tambah lagi satu kereta," katanya.

Untuk tarif KA kelas ekonomi, tambah Sapto, sampai sekarang tidak ada peningkatan.

"Harga tiket KA untuk kelas ekonomi masih dibahas di tingkat Departemen Perhubungan. Harga tiket masih sama, tidak ada kenaikan," katanya.
(N008/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010