Bogor (ANTARA News) - Yayasan Bakrie Center menggaet Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam mengembangkan pendidikan dan kerjasamanya dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MOU) yang ditandatangani Selasa di Kampus IPB Dramaga, Bogor.

Menurut Pimpinan Yayasan Bakrie Center, Anindya Bakrie, dalam siaran persnya kerjasama tersebut dibidang program pasca sarjana dan penelitian kebijakan. IPB salah satu perguruan tinggi yang akan menjadi fokus kerjasama Yayasan Bakrie Center dalam program pasca sarjan dan penelitian kebijakan.

"Kerjasama bidang pasca sarjana dan penelitian kebijakan akan dilakukan dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia, salah satunya IPB karena kita kenal sebagai perguruan tinggi yang berskala internasional," ucapnya usai penandatanganan MOU.

Ia mengatakan, kongkrit kerjasama yang akan dilakukan antara IPB dengan yayasan Bakrie di bidang program pasca sarjana tersebut, yakni pihaknya akan memberikan beasiswa selama satu tahun kepada mahasiswa pasca sarjana IPB dengan ketentuan memiliki nilai yang baik dan berprestasi.

"Di bulan Juni 2010 ini, ada tiga perguruan tinggi terbesar di Indonesia yang akan melakukan penandatangan kerjasama dengan Yayasan Bakrie Center. Dan akhir tahun, akan kerjasama dengan delapan perguruan tinggi besar di Indonesia, antara lain, empat dari Jawa dan empat lagi dari luar Jawa," jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, yang melatarbelakangi pihaknya melakukan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi besar di Indonesia tersebut. Dikarenakan, kedepan persaingan global semakin besar tantanganya. Sehingga, diperlukan lulusan pasca sarjana yang handal dibidangnya masing-masing.

"Mudah-mudahan kerjasama ini mencetak pasca sarjana yang berkualitas sehingga dilirik oleh Negara luar untuk mengembangkan ilmunya," paparnya.

Sementara itu, Rektor IPB, Herry Suhardiyanto, mengatakan, program pasca sarjana bagi IPB merupakan salah satu pilar penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Namun, tidak semua jebolan serjana dari IPB bisa melanjutkan pasca sarjana karena terkendala biaya.

Karena itu, kata dia, dengan adanya kerjasama dengan yayasan Bakrie Center dapat memperoleh beasiswa bagi mahasiswa pasca sarjana untuk melanjutkan pendidikan agar kualitas pendidikan di Indonesia makin meningkat dengan banyaknya lulusan pasca sarjan.

"Kami berharap melalui kerjasama ini para lulusan pasca sarjan IPB semakin handal dan kemajuan bisnis Bakrie makin berkembang pesat," ujarnya.

(KR-LR/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010