Bappenas : Fly over Sitinjau Laut proyek strategis nasional

Bappenas : Fly over Sitinjau Laut proyek strategis nasional

Menteri PPN/ Bappenas Suharso Monoarfa meninjau Sitinjau Laut bersama Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah. (ANTARA / dokumen humas Sumbar)

Padang (ANTARA) - Menteri PPN/ Bappenas Suharso Monoarfa memastikan pembangunan fly over Sitinjau Laut, Sumatera Barat menjadi salah satu proyek nasional yang diproyeksikan selesai pada 2024.

"Total ada 35 proyek strategis nasional termasuk fly over panorama satu Sitinjau Laut. Kita berharap semuanya bisa diselesaikan pada 2024," katanya di Padang, Kamis.

Ia mengatakan salah satu pertimbangan menjadikan fly over panorama satu Sitinjau Laut sebagai salah satu proyek strategis nasional adalah untuk mengatasi tingginya angka kecelakaan di titik itu.

Baca juga: Menteri PPN : Pembangunan jembatan layang Sitinjau Laut dimulai 2022

Suharso yang langsung meninjau kondisi tanjakan curam Sitinjau Laut mengatakan fly over yang akan dibangun di panorama satu itu direncanakan sepanjang 2,60 kilometer.

Perencanaan fly over sudah direncanakan sejak 2012. Studi kelayakan sudah ada sejak 2013. DED pada 2015 dan dokumen Amdal selesai pada 2018. Saat ini tengah dalam proses izin pinjam pakai kawasan hutan.

Ia meminta prosesnya dipercepat agar segera bisa dilakukan ground breaking sehingga target selesai pada 2024 bisa terealisasi.

Ke depan manajemen keselamatan transportasi di titik itu akan dilakukan "keroyokan". Menteri PPN / Bappenas akan membantu sementara tanggung jawab kondisi jalan oleh Kementerian PUPR, pengaturan lalu lintas kondaraan oleh Kemenhub dan penegakan hukumnya oleh kepolisian.

Baca juga: Bappenas: Kesuksesan hadapi pandemi jadi syarat pembangunan IKN

Sementara Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah mengatakan pihaknya bersyukur dan berbangga akan kunjungan para Menteri Kabinet Indonesia Maju ke Sumbar karena memberikan efek langsung bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

"Kemarin bersama Wapres RI ada Menteri Perdangangan, Wakil Menteri PUPR, Wakil Menteri Kesehatan dan hari ini Menteri PPN/Bappenas yang telah memberikan motivasi dalam menggairahkan kemajuan pembangunan di Sumbar. Pemerintah provinsi bersama komponen pembangunan daerah dan mengajak semua lapisan masyarakat untuk mengawal menyukseskan semua program nasional di Sumbar," katanya.

Sebelumnya Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi atau KNKT Soerjanto Tjahjono juga meninjau kondisi tanjakan curam di Sitinjau laut yang mengakibatkan kecelakaan rata-rata 30 kejadian setiap tahun. Tidak jarang kecelakaan itu merenggut nyawa.

Ia mengapresiasi rencana pembangunan fly over di titik dengan kecuraman yang ekstrem sehingga bisa mengurangi potensi terjadinya bencana kecelakaan maut di sana.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar