Sandiaga Uno terus pantau kesiapan pembukaan pariwisata Bali

Sandiaga Uno terus pantau kesiapan pembukaan pariwisata Bali

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno di The Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (8/4/2021). ANTARA/Naufal Fikri Yusuf.

Badung (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, pihaknya terus memantau kesiapan Pulau Bali menjelang pembukaan kunjungan wisatawan mancanegara.

"Kita pantau terus, kesiapan Bali semakin membaik. Sanur, Ubud dan Nusa Dua adalah zona hijau. Per hari ini data yang saya terima bahwa kunjungan wisatawan nusantara sudah di atas enam ribu. Berarti ini kita memasuki satu zonasi atau periodisasi yang cukup menentukan," ujar Sandiaga Uno di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Kamis.

Ia mengatakan, dengan meningkatnya jumlah kunjungan itu merupakan latihan untuk kesiapan menghadapi pembukaan pariwisata Bali bagi wisatawan mancanegara pada bulan Juni-Juli mendatang.

Baca juga: Sandiaga harap Bali Millionaire Race tingkatkan kesiapan Bali

"Jangan sampai kita nanti tidak memiliki kesiapan. Oleh karena itu kunjungan yang meningkat dari wisatawan nusantara ini menjadi ajang kita untuk terus berbenah," katanya.

Menparekraf Sandiaga Uno menjelaskan, berbagai persiapan untuk membuka kembali sektor pariwisata bagi wisatawan mancanegara di Bali nantinya harus juga terus ditingkatkan.

"Juni-Juli ini kita menghitung hari. Kita tingkatkan kesiapan kita, kemarin kita lakukan tindakan tegas untuk pelanggar protokol kesehatan dan kita tingkatkan pembahasan Travel Corridor Arrangement (TCA)," ungkapnya.

Dari hasil pantauannya selama beberapa kali berkantor di Pulau Dewata, Sandiaga Uno juga merasakan ada suatu semangat baru serta suatu keinginan dan motivasi untuk bangkit bersama dan pulih pasca pandemi COVID-19.

Menparekraf Sandiaga Uno menambahkan, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif juga bukan bagian dari suatu masalah selama masa pandemi COVID-19.

Menurutnya, pariwisata yang dilakukan dalam bingkai PPKM Skala Mikro dan dilakukan dengan penuh kedisiplinan dari segi testing, tracing dan treatment prinsipnya bisa dilanjutkan.

"Pariwisata dan ekonomi kreatif ini justru adalah lokomotif untuk keluar dari pandemi ini tentunya dengan sinergi dan kolaborasi dengan semua pihak," ujar Sandiaga Uno.

Baca juga: Pengembangan Infrastruktur KEK Tanjung Lesung pacu industri pariwisata
Baca juga: Sandiaga minta KEK Tanjung Lesung diperkuat desa wisata
Baca juga: Menparekraf: Mudik ditiadakan destinasi wisata akan penuh

 

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Objek wisata buka saat Lebaran, Menparekraf : tidak lawan aturan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar