Brasilia (ANTARA News) - Presiden Brasil, Luiz Inacio Lula da Silva, membatalkan perjalanan yang direncanakannya ke Kanada untuk pertemuan G20 pada pekan ini akibat banjir yang mematikan di timur laut, seorang juru bicara presiden mengatakan kepada AFP Jumat.

"Presiden pada Kamis terbang menuju wilayah yang terlanda hujan dan banjir serta menyaksikan drama yang lebih besar dari yang sebelumnya diperkirakan, jadi ia memutuskan untuk tetap di Brasilia untuk mengikuti dengan cermat oeprasi penyelamatan." kata juru bicara itu.

Lula telah dijadwalkan berangkat ke Kanada pada petang hari setelah menyaksikan pertandingan Piala Dunia antara Brasil dan Portugal melalui televisi.

Brasil, kekuatan regional yang sering berkelompok dengan Rusia, Indoa dan China, akan diwakili dalam pertemuan itu oleh Menteri Ekonomi Guido Mantega, yang sedang menuju ke Kanada, kata pejabat itu.

Sedikitnya 51 orang tewas dalam bencana banjir di wilayah bagian sebelah timur laut, Alagoas dan Pernambuco, yang membuat sejumlah kota dan desa hancur dan diperkirakan 200.000 orang kehilangan rumah.

AFP/A023

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010