Huntsville, Kanada (ANTARA News) - Kanselir Jerman Angela Merkel, Jumat, bersikeras bahwa anggota G-8 harus segera mulai memotong defisit mereka, menjelang pertemuan tingkat tinggi yang dirancang fokus kepada krisis ekonomi global.

"Sudah waktunya untuk mengurangi defisit. Eropa telah mengalami apa artinya memiliki defisit terlalu besar," katanya kepada wartawan, sebelum para pemimpin dari Kelompok Delapan negara-negara terkaya bertemu di Kanada.

Eropa mendapat tekanan yang meningkat dari Amerika Serikat untuk fokus pada langkah-langkah untuk merangsang pertumbuhan ekonomi, daripada program mengendalikan pengeluaran yang disiapkan untuk memerangi resesi terburuk dalam beberapa dekade.

Tapi Merkel, kepala perekonomian terbesar di Eropa, mendorong tindakan untuk memangkas pengeluaran setelah krisis utang zona euro yang memaksa Berlin membungkam bagian terbesar dari kasnya untuk mekanisme penyelamatan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Para pengeritik mengatakan bahwa lebih dari 80 miliar euro (98 miliar dolar AS) penghematan diumumkan oleh Merkel selama empat tahun ke depan, yang mirip cermin usaha di negara-negara Eropa lainnya seperti Inggris, akan memukul pertumbuhan. (A026/A023)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010