Jakarta (ANTARA) - Samsung telah mengumumkan trio monitor gaming baru menjelang salah satu pagelaran teknologi terbesar di dunia Consumer Electronics Show (CES) 2024 yang digelar pada 9 Januari di Las Vegas, Amerika Serikat.

Tiga trio tersebut adalah Odyssey OLED G9 (G95SD) ultra-wide melengkung 49 inci, Odyssey OLED G8 (G80SD) datar 32 inci, dan Odyssey OLED G6 (G60SD) datar 27 inci. Dua yang terakhir adalah monitor datar pertama yang dihadirkan Samsung ke jajaran Odyssey, sebagaimana dilaporkan The Verge, Rabu.

Baca juga: Xiaomi luncurkan gaming monitor G27i unggulkan "refresh rate" tinggi

Samsung Display mengumumkan dimulainya produksi massal panel OLED super cepat ini bulan lalu, dan perusahaan seperti Dell dan MSI juga tampaknya akan menggunakannya di monitor mereka yang akan datang.

Odyssey OLED G6 memiliki kecepatan refresh rate 360Hz dan dipasangkan dengan resolusi 1440p serta aspek rasio 16:9. Sementara Odyssey OLED G8, monitor 4K 32 inci datar dengan rasio aspek 16:9 dan kecepatan refresh 240Hz.

55” Odyssey Ark G97NC UHD 165Hz Mini LED Smart Gaming Monitor (ANTARA/HO/Samsung)
Baca juga: Acer hadirkan desktop dan monitor lengkung terbaru untuk "gamers"

Adapun Odyssey OLED G9, yang berukuran 49 inci, melengkung, memiliki kecepatan refresh 240Hz, dan aspek rasio 32:9 dengan resolusi 5.120 x 1.440. Tidak ada opsi 1440p 32 inci, seperti yang sebelumnya ditawarkan Samsung dengan Odyssey G7.

Monitor kelas atas ini akan dilengkapi dengan sejumlah fitur pintar Samsung, termasuk platform Smart TV built-in untuk mengakses layanan streaming video, Gaming Hub dengan akses ke layanan cloud gaming, dan hub SmartThings untuk mengendalikan perangkat IoT yang kompatibel. 

Produk tersebut juga disematkan "Multi Control," sebuah fitur yang menurut Samsung akan memungkinkan monitor untuk mentransfer teks dan gambar antara laptop, tablet, dan ponsel Samsung yang kompatibel.

Ketiga monitor tersebut memiliki sertifikasi VESA DisplayHDR True Black 400 untuk kecerahan puncak minimal 400 nits, dan mendukung AMD FreeSync Premium Pro. Masing-masing dilengkapi dengan dua port HDMI 2.1, satu DisplayPort 1.4, dan memiliki hub USB internal.

Harga pasti atau tanggal rilis belum dikonfirmasi, tetapi diharapkan akan tersedia untuk pembelian akhir tahun ini berdasarkan jadwal rilis monitor Samsung sebelumnya.

Baca juga: Samsung perkenalkan monitor "gaming" melengkung Odyssey Ark 55-inci

Penerjemah: Pamela Sakina
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024