Jakarta (ANTARA) - Menyambut bulan Ramadhan, musisi Maher Zain merilis mini album berjudul "Nour Ala Nour (Cahaya di atas Cahaya)".

"Nour Ala Nour" terdiri dari enam buah lagu dan satu trek bonus. Sebagai perkenalan, "Ramadan Gana (Ramadan Telah Datang Pada Kita" dipilih menjadi lagu tunggal pertamanya.

Lagu ini merupakan lagu hits yang diputar di radio-radio nasional Mesir pada tahun 1943. "Ramadan Gana" dibawakan pertama kali oleh musisi legendaris Mesir, Abdel-Mottaleb.

Baca juga: Maher Zain akan konser di delapan kota di Indonesia

Maher menghidupkan kembali lagu tersebut dengan aransemen musik yang baru, lirik yang segar dan melodi yang berbeda.

Dalam menyajikan album barunya, Maher menggandeng beberapa musisi terkenal di Timur Tengah dan Turki. Diantaranya, Aziz Elshafie untuk lagu "Nour Ala Nour", penulis syair dan komposer asal Yaman, Ahmed AlYafaie di lagu "Qalbi Sajad", komposer Mesir Ahmed Zaeem di lagu "Huwa Ahmadun", penulis syair juga komposer Mesir Dr. Dalia Emara di lagu "Laytaka Ma’ana" serta penulis lagu asal Palestina Anwer Hussam di "Ramadan Gana".

"Saya sudah lama memiliki lagu-lagu ini dalam bentuk demo, dan telah menunggu waktu yang tepat untuk membagikannya kepada dunia. Saya pikir bulan Ramadhan adalah kesempatan yang ideal untuk melakukannya, mengingat sifat dari lagu-lagu ini, pesannya, dan suasana hati yang reflektif secara keseluruhan," kata Maher dalam keterangan resminya, Minggu.

Untuk lagu "Hubb Ennabi (Cinta Nabi)" bisa dibilang sebagai lagu yang sebab liriknya ditulis oleh almarhum penyair dan penulis lirik Salah Gafal sebelum meninggal secara tragis dalam perjuangannya melawan sakit Hepatitis pada tahun 2012.

Salah Gafal merupakan penulis lirik lagu hits Maher yakni "Ya Nabi Salam Alayka", "Assalamu Alayka" dan "Radhitu Billahi Rabba".

"Dalam EP ini, Anda akan mendengarkan berbagai lagu yang mengangkat spiritual, di mana saya ingin membawa pendengar melalui perjalanan yang telah saya mulai lebih dari 10 tahun yang lalu menuju aktualisasi diri yang lebih dalam dan kedamaian batin, refleksi spiritual dan pengabdian untuk melakukan perjalanan batin ini," ujar Maher.

Semua lagu dari album "Nour Ala Nour" akan dirilis setiap hari Jumat mulai 9 April hingga 12 Mei, tepat sebelum Idul Fitri di semua layanan streaming dan YouTube.

Baca juga: Maher Zain luncurkan single "Antassalam"

Baca juga: Maher Zain akan manggung di Palembang demi galang dana bencana

Baca juga: Konser Maher Zain targetkan 2.000 penonton

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021