Liga Italia

Atalanta atasi perlawanan sengit Fiorentina

Atalanta atasi perlawanan sengit Fiorentina

Penyerang Atalanta Josip Ilicic mengkonversi tendangan penalti ke gawang Fiorentina dalam lanjutan Liga Italia di Stadion Artemio Franchi, Firenze, Italia, Minggu (11/4/2021) waktu setempat. ANTARA/REUTERS/Alberto Lingria.

Jakarta (ANTARA) - Atalanta mengatasi perlawanan sengit Fiorentina demi memetik kemenangan 3-2 dalam laga pekan ke-30 Liga Italia di Stadion Artemio Franchiz, Firenze, Italia, Mingu waktu setempat (Senin WIB).

Duvan Zapata mengemas dua gol untuk Atalanta, yang dibalas dengan jumlah serupa yang dicetak penyerang Fiorentina, Dusan Vlahovic.

Josip Ilicic keluar jadi pahlawan Atalanta lewat eksekusi penaltinya yang mengunci kemenangan sekaligus mengantarkan tim besutan Gian Piero Gasperini itu mengamankan kembali peringkat keempat klasemen dengan koleksi 61 poin.

Sedangkan Fiorentina, yang gagal menang dalam tiga pertandingan terakhirnya, melorot ke urutan ke-30 klasemen dengan raihan 30 poin, berjarak aman hanya delapan poin dari zona merah, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Baca juga: Atalanta menang meyakinkan di kandang Verona

Setelah peluang pertama dari tembakan spekulasi Ruslan Malinovsky melambung di atas mistar gawang, Atalanta membuka keunggulan pada menit ke-13 memanfaatkan situasi sepak pojok yang diakhiri tandukan tajam Zapata.

Dua menit berselang, Atalanta hampir menggandakan keunggulan mereka tetapi sundulan Robin Gosens menyambut umpan silang Malinovskiy masih bisa diamankan oleh kiper Bartlomiej Dragowski.

Atalanta terus menekan pertahanan tuan rumah hingga lima menit jelang turun minum Zapata mencetak gol keduanya menyelesaikan umpan terobosan Malinovskiy untuk memperdaya Dragowski.

Fiorentina yang kesulitan menerobos barisan pertahanan Atalanta sepanjang babak pertama mampu mengubah tampil lebih baik dan bisa memperkecil ketertinggalan saat umpan sundulan Martin Caceres diselesaikan secara sempurna oleh Vlahovic demi mengubah kedudukan jadi 1-2.

La Dea berusaha merestorasi marjin keunggulan dua gol mereka, sayang sundulan Berat Djimsiti melenceng dan sepakan kaki kiri Rafael Toli mampu dihentikan Dragowski.

Baca juga: Sarri tolak pinangan Fiorentina

Alih-alih, Fiorentina menyamakan kedudukan pada menit ke-66 melalui serangan balik cepat diakhiri penyelesaian sempurna Vlahovic yang gagal diantisipasi kiper Pierluigi Gollini.

Sayangnya, skor imbang tak bertahan lama sebab dua menit kemudian Lucas Martinez melakukan pelanggaran handball di dalam kotak terlarang dan hadiah tendangan penalti secara sempurna dikonversi Ilicic demi membawa Atalanta kembali memimpin 3-2.

Vlahovic hampir membuat Fiorentina kembali menyamakan kedudukan pada menit ke-74, sayang tandukannya menyambut umpan silang Cristiano Biraghi masih melambung tinggi dari sasaran.

Di ujung lapangan yang berbeda, Zapata hampir melengkapi raihan trigolnya di laga itu jika saja tembakan jarak jauhnya tak digagalkan oleh Drawgoski.

Fiorentina tak mampu menciptakan banyak ancaman dalam sisa waktu yang ada sehingga skor 3-2 bagi Atalanta bertahan hingga peluit bubaran berbunyi.

Dalam pertandingan selanjutnya, Atalanta akan menjamu juara bertahan Juventus di Stadion Gewiss pada Minggu (18/4), sehari setelah Fiorentina bertandang ke markas Sassuolo.

Baca juga: Napoli dan Lazio kompak petik kemenangan di kandang lawan
Baca juga: Juventus jaga harapan juara selepas bekuk Genoa
Baca juga: Matteo Darmian jadi pembeda Inter atas Cagliari

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar