Jakarta (ANTARA News) - Appple iPad telah membangkitkan pangsa pasar yang luas bagi komputer tablet, dimana lebih dari dua juta unit terjual sejak perangkat itu ada di pasaran bulan April lalu.

Sebelum peluncurannya, banyak spekulasi yang berkembang bahwa gadget baru itu akan menjadi sebuah hasil elaborasi e-reader (perangkat baca elektronik).

Tetapi CEO Apple Steve Jobs mengatakan bahwa "iPad adalah,"Sebuah pengalaman terbaik dari peselancaran di dunia maya yang pernah anda miliki."

Versi 3G-nya menawarkan konektivitas yang menakjubkan, hanya sedikit inovasi radikal dalam alat itu. Memang Apple tidak menambah teknologi baru pada versi 3G ini, tetapi ini merupakan teknologi yang terintegrasi.

Berikut beberapa teknologi yang ditanam dalam perangkat tablet itu:

Antena Wi-Fi


Dua buah antena Wi-Fi yang ditanam dalam iPad memang di desain untuk mendapatkan sinyal yang kuat, dimana pertama kalinya dilarang digunakan di Israel karena Departemen Komunikasi negara tersebut takut bisa mengganggu frekuensi nirkabel lainnya. Pengujian membuktikan bahwa iPad mampu menyesuaikan sinyal tanpa menyebabkan masalah, hingga akhirnya Israel pun mencabut larangannya.

GPS (Global Positioning System) dan Antena Selular

Tak Seperti iPhone, yang dikunci hanya untuk jaringan AT&T, iPad secara teori berjalan dalam jaringan apa pun, tetapi ada perbedaan: kartu SIM (subscriber identity module) mikro yang menghubungkan perangkat tersebut ke dalam jaringan itu berukuran sangat kecil.

Hal ini berarti bahwa pengguna iPad di AS yang ingin beralih ke jaringan lain harus bersabar hingga provider membuat kartu SIM mikro yang dapat digunakan untuk iPad.

Layar LED dan Drivers

Apple merancang layar iPad yang membuat pengguna dapat dengan mudah melihatnya dari berbagai variasi sudut apa pun. Perangkat itu menggunakan teknologi yang disebut in-plane switching, yang bekerja meluruskan molukel-molekul di dalam layar yang akan menghasilkan sudut pandang yang lebih luas.

iPad juga memiliki akselerometer yang membantu perangkat tersebut mengenali "bawah sebagai atas" dan beralih sesuai orientasi pergerakan layarnya.

A4 Chip

Apple memperkenalkan chip terbarunya A4 dalam versi pertama iPad. Dimana ada "sebuah sistem dalam chip-nya" yang terintegrasi dalam CPU (central processing units), inti grafisnya, dan pengendali memorinya.

iPad dapat bertahan selama 10 jam penggunaan untuk sekali pengisian baterai, dan pihak Apple mengatakan sebuah alasan bahwa karena itulah chip A4 begitu efisien dalam hal daya.

Panel Komunikasi

GPS dan antena selularnya membuatnya memungkinkan untuk terhubung ke jaringan AT&T, dan GPS-nya membolehkan untuk mengetahui lokasi berdasarkan aplikasi seperti navigasi turn by turn dan layanan yang merekomendasikan layanan bisnis lokal.

Kartu SIM Mikro

Panel perangkat iPad terdiri dari sebuah chipset yang berfungsi mendorong perangkat GPS dan koneksi selular, ditambah amplifiers daya yang berfungsi meningkatkan sinyal. Banyak hal dalam chip ini identik dengan yang digunakan dalam beberapa model iPhone.

(Yud/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010