AS Sambut Baik Kesepakatan Dagang Taiwan-China

Washington (ANTARA News) - Amerika Serikat mengatakan bahwa perjanjian perdagangan antara Taiwan dan China menawarkan harapan untuk peningkatan hubungan dan juga stabilitas di kawasan tersebut.

"Amerika Serikat menyambut baik meningkatnya dialog dan interaksi antara PRC (People`s Republic of China) dengan Taiwan bahwa ini merupakan wujud perjanjian baru," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Gordon Duguid usai penandatanganan perjanjian perdagangan bersejarah itu, sebagaimana dikutip dari AFP.

"Kami mendorong dengan peningkatan saat ini dalam hubungan lintas selat dan berharap hubungan tersebut akan terus meningkat dan berkembang."

Perjanjian baru tersebut nampaknya sebagai langkah tegas terhadap rekonsiliasi antara kedua pihak tersebut, 60 tahun setelah perang sipil.

Perjanjian Kerangka Kerja sama Ekonomi tersebut, disambut oleh ke dua pihak sebagai suatu tonggak sejarah dan imperatif komersial dalam memperkuat era kerja sama regional, yang telah ditandatangani oleh delegasi senior di kota Chongqing, China bagian barat daya.

Penandatanganan perjanjian tersebut, menjadikan kulminasi kebijakan kemitraan Beijing yang diperkenalkan oleh Presiden Taiwan Ma Ying-jeou.
(S004/A024)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar