Jakarta (ANTARA) - Kejuaraan tinju versi World Boxing Council (WBC) International antara petinju Indonesia Tibo Monabesa melawan petinju Filipina Toto Landero bakal digelar di Balai Sarbini Jakarta, Rabu (14/4) setelah sempat tertunda beberapa kali.

Tibo dan Toto Landero akan bertarung 12 ronde di kelas Light Heavyweight berebut gelar juara WBC International Gold, dengan pertandingan yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Promotor Armin Tan, di sela konferensi pers di Jakarta, Selasa, menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak sehingga pertandingan tinju internasional itu bisa terlaksana setelah beberapa kali tertunda.

Baca juga: Kejuaraan tinju WBC selangkah lagi dapat rekomendasi Kemenpora
Baca juga: "King Fahd" kembali ke ring tinju bersama Tibo Monabesa


Partai tanding itu awalnya direncanakan pada 2 April lalu, tetapi kemudian mundur menjadi Sabtu (10/4) untuk memastikan pemenuhan persyaratan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Karena itu pula, pertandingan yang sudah dijadwalkan Sabtu (10/4) lalu kembali mundur jadi 14 April karena petinju dari Filipina Tito wajib melakukan karantina selama lima hari, yakni sampai 13 April.

"Ya, berat sih perjuangannya, berat banget. Berkali-kali ditunda untuk memenuhi persyaratan dari Satgas COVID-18, Sesmenpora, Mabes (Polri)," kata Armin.

Meski demikian, Armin memaklumi ketatnya persyaratan demi pencegahan penyebaran COVID-19 dan akan mematuhi segala aturan yang ditetapkan.

"Kita tetap mengikuti protokol. Jadi, hanya ada 50 orang yang di dalam ruangan. Semua yang terlibat di-'swab', tadi kan ada dokternya juga. Ya, 50 orang lebih lah yang di-'swab'," katanya menambahkan.

Baca juga: Pertandingan tinjunya diundur, King Fahd siapkan atraksi khusus

Sementara itu, Tibo Monabesa juga bersyukur akhirnya bisa kembali berlaga di atas ring setelah kurang lebih setahun tak ada pertandingan tinju akibat pandemi.

Petinju asal Kefamenanu, Nusa Tenggara Timur (NTT) itu sudah melakukan persiapan intensif selama lebih kurang empat bulan untuk pertandingan tersebut.

"Persiapan saya kurang lebih 3-4 bulan. Jadi, saya sangat siap untuk bertanding," kata petinju peringkat enam WBC, sekaligus mantan juara dunia International Boxing Organization (IBO) itu.

Selain Tibo versus Toto, ada sembilan partai tambahan lainnya, yakni Hendrik Barongsay melawan Daeng Armando, Defry Palulu melawan Filipus Rangga, Hero Tito versus Hebi Marapu, dan Hemzon Lamandouw melawan Jack Timor.

Kemudian, King Fahd kontra Ibrahim Aroby, Egy Rotzen melawan Fransiscus Wahyu Baskoro, Faizal Panjaitan dan Soleman Kosat, John Alvin menantang Mauf serta Oky Akbar lawan Dev Samuel Pangely.

Baca juga: Mike Tyson masukkan Tyson Fury dalam jadwal tarung 2021
Baca juga: FTPI angkat Milasari Kusumo sebagai ketua baru secara aklamasi

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021