Jakarta (ANTARA) - Pemerintah berjanji memberikan dukungan maksimal demi kesuksesan penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2021 yang bakal dilaksanakan di Istora Senayan, Jakarta, pada 17-29 Agustus mendatang.

Menteri BUMN Erick Thohir menyebut kesuksesan FIBA Asia Cup 2021 akan berdampak positif terhadap ekonomi dan pariwisata pascapandemi, terlebih kejuaraan bola basket tingkat Asia itu akan jadi ajang olahraga internasional pertama bagi Indonesia.

“Pemerintah akan memberikan dukungan maksimal demi kesuksesan penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2021. Saya yakin, sektor swasta juga akan aktif terlibat untuk berpartisipasi karena ini ajang olahraga internasional perdana di tengah pandemi. Kesuksesan akan berdampak positif, baik di bidang ekonomi, kesehatan, pariwisata,” kata Erick Thohir dalam siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Rabu.

Erick yang juga anggota dewan FIBA itu yakin FIBA Asian Cup 2021 bisa memberikan trickle-down effect atau meningkatkan kegiatan ekonomi hingga pada lapisan bawah, mengulang kesuksesan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang lalu.

Baca juga: Perbasi berencana tambah pemain naturalisasi untuk timnas 
Baca juga: FIBA Asia Cup 2021 diharapkan boleh disaksikan penonton 


Dukungan maksimal juga siap diberikan oleh Kementerian Kesehatan. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan akan menetapkan protokol kesehatan khusus agar FIBA Asia Cup 2021 yang diikuti 16 negara, termasuk Indonesia sebagai tuan rumah, berjalan lancar dan sukses.

“FIBA Asia Cup 2021 akan menjadi semacam ajang uji coba bagi Indonesia, apakah kita mampu menjadi tuan ruah pelaksana ajang internasional,” ucap Budi.

“Meski FIBA sebagai pemegang hak kejuaraan ini memiliki aturan mengenai protokol kesehatan, Kemenkes juga siap memberikan dukungan melalui peraturan protokol kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum dalam rangka pencegahan dan pengendalian COVID-19," sambung dia.

Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 masih berlangsung dan diikuti 24 tim yang terbagi ke dalam enam grup. Dua urutan teratas dari masing-masing grup akan otomatis tampil dalam Piala Asia 2021. Sedangkan peringkat ketiga akan bertanding lagi untuk memperebutkan empat slot menuju babak utama.

Indonesia saat ini berada pada peringkat ketiga klasemen sementara Grup A dengan koleksi empat poin di bawah Filipina (4) dan Korea Selatan (4).

Indonesia masih mempunyai tiga laga tersisa menghadapi seluruh tim yang tergabung dalam Grup A, dimulai dengan melawan Korea Selatan, Filipina dan Thailand. Namun, tim Merah Putih sudah dipastikan lolos ke Piala Asia 2021 dengan status tuan rumah. 

Baca juga: Indonesia jalani laga sisa kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 di Filipina
Baca juga: FIBA Asia Cup 2021 diyakini ajang pembuktian Indonesia pada dunia 
Baca juga: Jakarta siap tuan rumahi FIBA Asia Cup 2021 

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021