Washington (ANTARA News/AFP) - Pesanan baru barang-barang untuk manufaktur Amerika Serikat jatuh pada Mei menyusul delapan kenaikan berturut-turut, dan jauh lebih dari yang diperkirakan, data pemerintah menunjukkan pada Jumat.

Pesanan turun sebesar 5,8 miliar dolar, atau 1,4 persen, dari April menjadi 413,2 miliar dolar, Departemen Perdagangan melaporkan.

Meskipun sebuah penurunan diperkirakan, itu lebih tajam daripada perkiraan turun 0,6 persen oleh banyak pengamat. Pesanan pabrik naik 1,0 persen pada April.

Pertumbuhan di sektor manufaktur, yang telah memimpin setahun pemulihan AS dari resesi, baru-baru ini menunjukkan tanda-tanda melambat, meningkatkan keprihatinan tentang pemulihan.

"Laporan pesanan pabrik pada Mei sejalan dengan laporan manufaktur lebih tepat yang telah memberikan kesan - perluasan produksi masih utuh, tapi menurun ke tingkat pertumbuhan lebih lambat," kata Michael Bratus di Moody`s Economy.com.

"Satu-satunya informasi baru dalam laporan tersebut adalah data pesanan barang tak tahan lama dan pengiriman, yang terseret turun oleh penurunan minyak bumi dan harga komoditas lainnya," katanya.

Tidak termasuk transportasi, yang dapat berubah-ubah secara bulanan, pesanan pabrik jatuh untuk kedua bulan berturut-turut, sebesar 0,6 persen pada Mei setelah 0,7 persen pada April.

Pesanan Mei jatuh dipimpin oleh penurunan 29,6 persen dalam pesanan pesawat sipil.

Pesanan untuk barang tahan lama - tiket besar item seperti mobil, komputer dan pesawat - jatuh 0,6 persen, departemen itu mengatakan, merevisi turun perkiraan awalnya 1,1 persen minggu lalu.

Penurunan tersebut terjadi setelah kenaikan 2,9 persen pada April, bulan kelima dalam baris keuntungan.

Pesanan barang nondurable anjlok 2,1 persen pada Mei, sebuah percepatan penurunan 0,6 persendari bulan sebelumnya. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010